Akun Google Bisnis Hotel Diretas, Ini Tanggapan Jagoan Hosting

Tanggapan Jagoan Hosting Terkait Isu Keamanan Siber
Sumber :
  • istimewa

Malang – Selama beberapa hari terakhir, sejumlah hotelier di Indonesia dilanda kepanikan. Sebab, akun google bisnis mereka diretas oleh oknum tak bertanggungjawab. 

PHRI Batu Pastikan Hotel dan Penginapan Aman Dari Peretasan Hacker

Diketahui, akun google bisnis tersebut diedit oleh hacker dan nomor WhatsApp yang tertera pada akun tersebut diganti dengan nomor lain. Hal ini dialami oleh hotel-hotel yang terletak di kawasan Bandung, Jakarta dan Malang.

Menanggapi isu ini, Hendry Yoga Priyanto, Security Officer Leader Jagoan Hosting mengungkapkan, ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab akun google bisnis tersebut. 

Kolaborasi Jagoan Hosting dan Aplikasi Terjemahan Bahasa Dayak: Langkah Maju Menuju Digitalisasi Reg

“Diketahui, peristiwa ini terjadi di beberapa hotel di Indonesia secara spesifik. Fenomena peretasan akun google bisnis ini sudah lama terjadi. Namun, yang menimpa teman-teman hotel secara bersamaan, baru kali ini terjadi,” kata dia.

Hendry menduga, peretasan akun tersebut bisa terjadi karena menerapkan sistem security yang tidak aman, atau karena pattern keamanannya justru sama antara yang satu dengan lainnya. 

Perkuat Hero Digitalisasi Sekolah, Jagoan Hosting Tingkatkan Literasi Digital di Kampus dan SMK

“Di dalam akun google bisnis, sistem keamanan google bisnis apakah sudah di setting? Sebab, jika tidak di setting dengan baik, orang lain bisa melakukan editing dalam akun bisnis google tersebut,” papar dia.

Selain itu, lanjut Hendry, akun google bisnis tersebut bisa diretas lantaran akun yang digunakan oleh google admin diretas. 

Halaman Selanjutnya
img_title