Muhammadiyah Batu Tampilkan Pameran Seni Rupa 'Tarian Langit'

Pameran seni rupa 'Tarian Langit'
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Dewan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Batu menampilkan pameran seni rupa bertajuk 'Tarian Langit' yang digelar di Srengenge Art Space. Gelaran itu bagian dari rangkaian agenda Kemah Kreativitas Nasional Seniman dan Budayawan Nasional Muhammadiyah.

17 Langkah Strategis Paslon Guru Mencakup Pertanian, Pendidikan, hingga Kebudayaan

Sejumlah perupa menampilkan ragam rupa media meliputi lukisan, instalasi, panel hingga mix media art. Buah pemikiran para perupa tersebut merepresentasikan citra tentang warna dan pluralitas pemikiran Muhammadiyah yang dinamis.

Wakil Ketua Lembaga Seni (LSB) Muhammadiyah Kota Batu, Muchlis Arif mengatakan jika Kemah Kreativitas Nasional Seniman dan Budayawan Nasional Muhammadiyah menjadi tonggak kebudayaan bagi organisasi Islam yang berlandaskan teologi Al-Maun tersebut. 

PJT I Pamerkan Produk Dua Mitra Binaan

"Jalur kesenian yang terkandung dalam aspek kultural memiliki peran penting yang saling melengkapi dengan agama. Dua kutub tersebut dapat dikawinkan sebagai medium mewartakan nilai-nilai moral secara lentur nan lembut," katanya, Jumat, 26 Juli 2024.

Ditelaah lebih mendalam, proses kreasi dalam berkesenian pun sejatinya, adalah sebuah ritual membangun nilai-nilai spiritual. Pendiri Muhammadiyah, Kyai Ahmad Dahlan menggunakan jalur kesenian dalam berdakwah mengabarkan kebajikan dan keindahan Islam.

Pemkot Batu Jalin Kerjasama dengan Sampoerna Foundation

"Dialektika antara agama dan kebudayaan, termasuk seni di dalamnya, menjadi konstruksi meneguhkan entitas sekaigus mengaktualisasikan ideologi Muhammadiyah yang selaras di tengah hiruk pikuk kemajemukan budaya yang berkelindan di masyarakat," ujarnya.

Arif yang juga seorang dosen jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menambahkan, ada 53 perupa dari berbagai penjuru dan seniman lokal Kota Batu menampilkan karyamya. Partisipan pameran antara lain A. Rokhim, Aam Artbrow, Abdul Haris, Achmad Toriq, Agus Sujito, Akbar Mahadi, Akhmad Alfu R., Anwar, Badriy, Bambang Puyi, Barri, Chamil Hady, Chrysanti Anggie, Dadang Rukmana, Dedy Kukuh, Joeari Soebardja, Dyan Condro, Fadjar Junaedi, Fadjar Sutardi, Fahrur Rozi, Hadzrat M.M. Zulfikar, Heri Wahyudi (Tarmun), Isa Ansory, Joko Pramono (Jokpram), Jumaldi Alfi, Kana Fuddy Prakoso

Halaman Selanjutnya
img_title