Kisah Rudik, Hidup Sendiri di Rumah Tak Layak Huni Bersama Hewan Ternak di Kota Batu

Rudik saat menyalakan perapian di rumahnya bersama hewan ternak.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Kondisi Musmulidi (42 tahun) atau Rudik warga RT 78 RW 12 Dusun Sumbersari, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji Kota Batu, begitu memperihatinkan. Ia menempati rumah tidak layak huni yang menjadi satu dengan hewan ternak

Ayo Kawal Perjuangan Timnas, Dengan Nobar Di Stadion Gajayana Kota Malang

Nampak rumah Rudik sangat tidak layak, kamar beralas kasur usang, perapian pun menggunakan tungku kayu. Dirinya terpaksa hidup di rumahnya bersama bau dan kotoran sapi karena keadaan.

Sebagai buruh tani lepas, penghasilannya tak menentu. Dia bekerja bila ada yang membutuhkan tenaganya, satu minggu maksimal tiga kali dengan penghasilan Rp60 ribu sehari.

Pemkot Batu Sediakan 900 Porsi Makanan Gratis saat Nobar Timnas U-23

Rudik mengaku sudah tujuh tahun hidup di rumah yang ia bangun dari tiang bambu dan triplek pemberian teman-temannya. Sebelum pindah, ia menempati rumah milik orang tuanya yang berada di wilayah tersebut.

Kisahnya semakin miris lantaran hidup sendiri karena sudah bercerai dengan istrinya dan sang anak memilih ikut dengan ibunya. Setiap hari, Rudik hanya ditemani oleh tiga ekor sapi milik orang lain yang ia rawat. 

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Ketika didatangi, Rudik menceritakan kesedihannya, apalagi waktu hujan deras melanda, bisa dipastikan rumahnya mengalami kebocoran di beberapa sisi bagian. 

"Saya sudah tujuh tahun di sini, setelah ibu saya meninggal dunia. Tanah ini hasil pemberian Mbah. Alasan tinggal di sini karena saya ingin mandiri, gak mau merepotkan siapa-siapa. Susah senang ya dijalani saja," kata Rudik, Sabtu 3 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title