Antisipasi Musim Hujan, Petani di Jombang Lebih Milih Tanam Ubi daripada Padi

Petani di Jombang tanam ubi.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi di kawasan Kabupaten Jombang, Jawa Timur, belakangan ini, membuat petani di daerah Kecamatan Ngoro, lebih berhati-hati dalam menentukan tanaman yang akan mereka tanam.

Antusiasnya Ratusan Anak Ikut Lomba Menggambar dan Berhitung PPLIPI Pasuruan

Untuk menghindari resiko tanamannya rusak akibat mulainya musim hujan, para petani lebih memilih menanam ubi jalar, yang dirasa lebih bisa bertahan dengan air.

Seperti yang dilakukan Nurul (48 tahun), petani asal Desa Kauman, Kecamatan Ngoro ini, lebih memilih menanam ubi jalar, dari pada tanaman padi.

Wabup Malang Didik Gatot Subroto Ambil Formulir ke DPC PDIP Batu, Besok Kris Dayanti

"Memasuki musim penghujan, petani di Desa Kauman, Kecamatan Ngoro, lebih memilih menanam ubi jalar. Terlebih, harga ubi jalar saat ini meningkat dibandingkan dengan dua tahun lalu," kata Nurul, Rabu, 24 Januari 2024.

Nurul mengaku setiap memasuki musim penghujan dirinya selalu menanam ubi jalar. "Kalau musim penghujan memang sengaja menanam ubi jalar. Karena tanamannya tahan terhadap air," ujarnya.

Buka Program ESG, ISA Dukung Universitas Sanata Dharma dan Interlink

Ia mengaku, selain tahan terhadap air, dan memiliki harga jual tinggi, perawatan ubi jalar tergolong mudah.

"Menanam ubi jalar tidak membutuhkan pupuk yang banyak. Dibandingkan dengan menanam padi. Kalau padi butuh pupuk yang banyak. Ubi jalar butuhnya sedikit," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title