Sering Dilanda Banjir, Ratusan Warga Bumiaji Luruk DPRD Kota Batu

Demonstrasi yang dilakukan oleh warga Desa Bumiaji.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Ratusan warga Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji datangi Kantor DPRD Kota Batu. Mereka datang untuk melakukan demonstrasi akibat wilayahnya kerap sekali dilanda banjir.

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Aksi itu diawali di Kantor Desa Bumiaji, mereka kumpul di sana dan bergerak bersama mengendarai sepeda motor, pick up, dan Jeep menuju Kantor DPRD Kota Batu yang berada di Jalan AP Katjoeng Permadi, Desa Junrejo.

Setelah di kantor DPRD mereka pun menyampaikan orasi menggunakan pengeras suara dan banner-banner menuntut solusi atas peristiwa banjir yang selalu menghantui.

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

Dalam orasi nampak beberapa banner bertuliskan Kali Paron Nagih Janji, Ojo Guyon Banjir Iku Bencana, Kami Butuh Aksi Bukan Janji, Iki Bukan Wisata Banjir, Mana Janji Manismu Dulu dan berbagai tuntutan lainnya. Salain itu, mereka juga membagikan bunga mawar putih. 

Kepala Desa Bumiaji, Edy Suyanto menjelaskan bila aksi ini terjadi buntut keluhan warga Dusun Beru yang tak pernah direspon sebab setiap tahunnya selalu dilanda banjir.

Momen Haul Mbah Slagah Kota Pasuruan Dipadati Ribuan Jemaah

"Bahkan di tahun 2021 lalu sampai merenggut korban jiwa. Mohon kami diterima dengan baik. Aksi kami ini damai. Warga Desa Bumiaji tidak anarkis dan taat akan hukum. Kami datang hanya untuk menyampaikan aspirasi kami. Menuntut hak kenyamanan sebagai warga Kota Batu," kata Edy, Jumat 22 Desember 2023.

Jabo sapaan akrab Kades menuturkan, sebenarnya aksi seperti ini sudah tidak selayaknya terjadi di Kota Batu. Namun jika hanya diam saja, maka Desa Bumiaji akan terus-terusan mengalami banjir setiap tahunnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title