Tanaman Semangka Diserang Hama Tikus, Petani di Jombang Merugi Jutaan Rupiah

Solikin saat menunjukkan semangka busuk diserangan hama tikus
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Jelang masa panen petani tanaman semangka di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengalami kerugian hingga jutaan rupiah.

5 Rekomendasi TV OLED Terbaik 2024

Nasib apes ini dialami petani semangka di Desa Ngonggri, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Petani semangka ini gagal panen akibat serangan hama tikus

Solikin (77 tahun) salah satu petani semangka di Desa Ngogri Megaluh mengatakan, ia rugi besar atas serangan hama tikus yang meyerbu sawah miliknya, jelang musim panen.

Lebih Mudah, Federasi Drone Indonesia Luncurkan Sistem Sertifikasi Pilot Drone secara Online

"Kena hama tikus, tidak bisa dipanen sebab buahnya membusuk, setelah dimakan tikus" ujarnya, Senin 11 Desember 2023.

Solikin menyebut, serangan hama tikus di tanaman buah semangka miliknya, membuat ia merugi. Bila normal, sekali panen Solikin bisa meraup keuntungan 7 juta rupiah dari tanaman semangka yang luasnya 1 hektar. Namun, kini ia hanya mendapatkan untung Rp3 juta dalam sekali panen.

Kepala Kantor Imigrasi Malang Bertemu Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Bahas Isu Strategis

"Keuntungannya sangat tipis, jika dihitung, dari buah semangka yang masih layak untuk dijual. Kira-kira Rp3 juta saja dari luas sawah satu hektare, jika normal keuntungan bisa mencapai Rp7 juta," katanya.

Setelah memanen semua semangka yang masih layak, Solikin berencana untuk menanam padi. Sementara semangka yang telah busuk karena serangan hama tikus, akan ia biarkan mengering di sawah.

Halaman Selanjutnya
img_title