Jaga Kelestarian Sumber Daya Air di Danau Toba, PJT I bersama Jurnalis Gelar Diskusi

PJT I saat menggelar diskusi bersama jurnalis di wilayah Danau Toba.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Malang, VIVA – Terdapat beragam manfaat danau bagi masyarakat dan lingkungan hidup. Dengan adanya danau alami ataupun buatan, ada beragam fungsi yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Semifinal Piala Asia U23 2024: Mampukah Indonesia U23 ‘Perawani’ Uzbekistan dan Lolos ke Final?

Untuk menjaga itu Perum Jasa Tirta (PJT) I bersama Forum Jurnalis Peduli Sungai (FJPS) menggelar diskusi di wilayah Danau Toba, Sumatera Utara, Selasa 14 November 2023. 

Direktur Operasional PJT I, Milfan Rantawi didampingi Manajer Utama Regional II, Lukman Chakim dan 22 jurnalis dari Toba serta tiga jurnalis dari Jawa Timur hadir dalam diskusi. 

BNPM Kota Malang Sebut Warung Madura 24 Jam Justru Banyak Manfaat Untuk Masyarakat

Milfan menerangkan jika PJT I tidak bisa bekerja sendiri perlu bantuan maupun kerjasama terlebih para jurnalis untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. 

"Salah satunya fungsi Perum Jasa Tirta I yakni melakukan konservasi untuk menjaga kelestarian sumber daya air di Toba. Upaya konservasi ini dibagi dua, yakni dengan penanaman pohon atau penghijauan dan pembuatan sumur resapan serta biopori," ujarnya.

Catat! Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Asia U23 2024

Untuk penghijauan, penanaman pohon dilakukan oleh PJT I bekerjasama dengan masyarakat. Pihaknya pun siap bekerjasama dengan masyarakat setempat.

"Tapi kami memang kesulitan soal lahan, karena banyak lahan milik warga. Jika kawan-kawan jurnalis bisa membantu untuk mendata lahan, terutama yang statusnya kritis dan sesuai dengan kriteria, kami dengan hati akan membantu penanaman pohon di sana," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title