Ekskavasi Tahap III Situs Mbah Blawu, Petugas Bersihkan Limbah B3

Proses pembuangan limbah B3 disitus Mbah Blawu Jogoroto
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVAEskavasi tahap ke III situs Mbah Blawu yang terletak di Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur kembali dilakukan, pada Selasa, 14 November 2023.

BNPM Kota Malang Sebut Warung Madura 24 Jam Justru Banyak Manfaat Untuk Masyarakat

Di hari pertama eskavasi, tim BPK Wilayah XI Jawa Timur membersihkan tumpukan limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) yang terletak di atas area situs.

Limbah B3 yang mengelilingi bangunan situs Mbah Blawu ditemukan banyaknya karung limbah slag aluminium yang sudah mengeras dan bertumpukan.

Catat! Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Asia U23 2024

Albertus Agung Vidi Susanto selaku Pamong Budaya Ahli Pertama BPK Wilayah XI Jawa Timur mengatakan, agar eskavasi tahap tiga bisa berjalan dengan lancar, pihaknya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) melakukan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang untuk membersihkan limbah B3 yang mengelilingi situs. 

"Kali ini kita juga kerjasama dengan DLH melalui Disdikbud Jombang, karena di area ini sekitar tujuh tahun yang lalu ada pembuangan limbah, jadi agar tidak di sini lagi," ujar pria yang akrab disapa Vidi.

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Kemudian, lanjut Vidi, proses penggalian akan dilakukan Rabu, 15 November 2023, hingga sepuluh hari kedepan. 

"Yang jelas eskavasi ini kita upayakan tetap melihat pada potensi arkeologi apa saja yang belum kita temukan, nantinya akan menjadi interpretasi bagi keberadaan situs ini," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title