Warga dan Pelajar di Jombang Salat Istisqa Berjamaah Untuk Minta Hujan

Warga dan pelajar di Jombang menggelar salat istisqa
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Berharap turun hujan ratusan warga dan pelajar yang ada di Desa Kepatihan, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menggelar salat istisqa atau salat meminta hujan.

Temuan Jasad di Kebun Tebu Gegerkan Warga Jombang, Diduga Lansia Setempat yang Hilang

Ratusan warga dan pelajar itu melaksanakan salat istisqa di halaman Sekolah Dasar Negeri Tugu Kepatihan pada, Kamis 2 November 2023.

Salat dengan tujuan meminta hujan tersebut dipimpin Habib Muhammad Mujaddid Assegaf. Setelah salat juga dipanjatkan doa agar hujan segera turun akibat kemarau panjang. 

Melihat Gelaran Car Meet Up 2024 Pertama Kali di Pasuruan

Habib Muhammad mengajak umat muslim yang mengikuti salat istisqa untuk meneladani Nabi Muhammad dengan menyayangi umat manusia serta menjaga ekosistem alam. 

"Kita diajarkan oleh Allah SWT untuk menjaga alam (bumi) ini. Kemarau panjang yang kita rasakan seperti saat ini, bisa menjadi bahan evaluasi. Kondisi cuaca yang tidak menentu, siklus musim hujan dan kemarau sulit diprediksi. Ketika hujan bencana tanah longsor dan banjir selalu mengintai kita," kata Muhammad.

PKB Jombang Optimistis Usung Kades di Pilkada Jombang 2024, Wakilnya Bisa dari Kalangan Nahdliyin

"Maka itu perlu komitmen kita untuk merawat bumi ini dengan tidak menebang pohon sembarangan serta melakukan penghijauan. Karena itu sebagai umat Islam mari berdoa kepada Allah agar diturunkan hujan yang barokah dan bermanfaat bukan hujan bencana," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kepatihan Erwin Pribadi mengatakan bahwa dampak musim kemarau yang berkepanjangan selama ini, yang dirasakan masyarakat semakin meluas. 

Halaman Selanjutnya
img_title