Bantu Pemadaman Gunung Bromo, J99 Kirim Peralatan Keamanan Pemadam Kebakaran

Gilang W. Pramana di area kebakaran Gunung Bromo
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Kebakaran Gunung Bromo yang diduga disebabkan oleh flare atau cerawat prewedding telah menyebabkan kebakaran yang cukup besar di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Kebakaran ini pertama kali dilaporkan di Padang Savana Bukit Teletubbies pada Rabu, 6 September 2023 kemarin. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Kebakaran lalu merembet ke blok Watangan pada Sabtu, 9 September 2023. Lalu keesokan harinya pada Minggu, 10 September 2023 kebakaran meluas dengan cepat bahkan dilaporkan sampai ke perbatasan 3 wilayah, Malang - Pasuruan - dan Probolinggo. Bahkan dilaporkan mencapai Pusung Samat dan Puncak Kahyangan di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang.

Proses pemadaman dilakukan secara marathon oleh ratusan relawan dari TNI, Polri, BNPB, BPBD, Balai Besar TNBTS hingga relawan lainnya. Tidak hanya melalui darat pemadaman juga dilakukan melalui udara dengan helikopter untuk water boombing. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

"Semoga dengan kejadian ini, masyarakat bisa menjadi lebih bijak lagi dalam bertindak supaya tidak membawa dampak yang merusak lingkungan dan merugikan banyak pihak," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, C. Hendro Widjanarko, Rabu, 13 September 2023. 

Dalam upaya pemadaman Gunung Bromo bantuan alat untuk memadamkan api sangat diperlukan oleh tim gabungan di lapangan. Meski beberapa titik api telah berhasil dipadamkan, namun pekerjaan belum usai. Pendinginan yang dilakukan dengan menggunakan jet sprayer dan siraman air tandon masih harus dilakukan. 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

"Apa yang tengah terjadi sekarang tentu sangat memukul banyak pihak dan kami akan terus bekerja bersama agar Bromo kembali pulih. Kami sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Mas Gilang dan keluarga besar J99 Corp. Karena seluruh peralatan ini memang sangat diperlukan oleh tim dan para relawan," ujar Hendro. 

Founder J99 Corp Gilang W. Pramana alias Juragan 99 memberikan bantuan masker, air mineral dan ratusan perlengkapan keamanan seperti helm, rompi, sepatu kacamata dan tabung oksigen bagi mereka yang bertugas memadamkan api dan melakukan proses pendinginan.

Halaman Selanjutnya
img_title