Kebakaran Gunung Bromo Mulai Terkendali Pasca Insiden Flare Foto Prewedding

Kebakaran Gunung Bromo di Blok Watangan
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Kebakaran di kawasan Gunung Bromo yang disebabkan flare foto prewedding pada Rabu, 6 September 2023 lalu mulai terkendali. Kebakaran ini melahap habis padang savana yang ada di bukit teletubbies

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Septi Eka Wardhani mengatakan saat ini masih dilakukan pemadaman dan juga pendinginan. Tetapi secara umum kebakaran sudah mulai terkendali. 

"Saat ini masih dilakukan upaya pemadaman dan pendinginan. Tapi api sudah mulai terkendali," kata Septi, Sabtu, 9 September 2023. 

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Terpantau kondisi kebakaran Gunung Bromo menyisahkan 1 titik api di blok Watangan. Lokasi ini berada bersebelahan dengan bukit teletubbies yang terbakar akibat flare calon pengantin yang sedang melaksanakan foto prewedding. 

"Lokasinya di pelerengan di atas bukit tingkat kemiringan yang cukup terjal. Tapi saat ini tim TNBTS berserta gabungan terus berupaya untuk mengendalikan dan melakukan pemadaman di lokasi tersebut," ujar Septi. 

PDI Perjuangan Kota Batu Resmi Buka Pendaftaran Bacalon Wali Kota dan Wakil

Septi pun menuturkan, kemungkinan wisata Gunung Bromo akan kembali dibuka jika kondisi kebakaran benar-benar padam. Sebagai otoritas pariwisata di Gunung Bromo mereka enggan gegabah membuka wisata sebelum api benar-benar padam. 

"Target tentu sesegera mungkin (pemadaman). Selanjutnya, wisata dibuka setelah kondisi memungkinkan," tutur Septi.