Berkali-kali Dipadamkan, Kawasan Gunung Bromo Kembali Terbakar

Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di kawasan Gunung Bromo
Sumber :
  • Dok Humas BB TNBTS

Malang, VIVAKebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di kawasan Gunung Bromo, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Kebakaran ini terjadi pada pagi hari Sabtu, 22 Januari 2024.

Sempat Dikira Mendung, Sebuah Rumah di Jombang Terbakar

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani mengatakan kebakaran di kawasan Gunung Bromo tepatnya berada di Gunung Bathok. Api pertama kali muncul pukul 03.30 WIB dan berhasil padam pukul 05.00 WIB. 

"Kemudian dilakukan pendinginan kurang lebih sampai jam 07.00 WIB," kata Septi.

Kebakaran Hanguskan Warung dan Gudang Kosong di Pasuruan

Personel yang terlibat dari Resort TLP, RGP, MPA dan MMP. Usai dipadamkan, ternyara api kembali muncul di titik yang sama sekitar pukul 08.00 WIB. Namun, 15 menit kemudian berhasil dipadamkan.

"Sekitar jam 10.30 WIB kembali muncul titik api di lereng yang berbeda dari lokasi yang sebelumnya sudah padam. Api merembet ke arah kiri (ke arah Gunung Bromo dan ke kanan atau barat laut. Api ke kanan lebih besar karena angin yang sangat kencang," ujar Septi. 

Praktisi Digital dan Akademisi Apresiasi Pembentukan Ditressiber Polri

Septi mengungkapkan, saat ini api masih dalam proses pemadaman terutama di bagian puncak. Tim Brigdalkarhut TNBTS dibantu MPA, TNI dan Polri masih berusaha memadamkan. 

"Sebagian tim menuju perbatasan antara Gunung Bathok dan Gunung Widodaren untuk membuat sekat bakar agar api tidak menyebar ke Gunung Widodaren. Sedangkan ke arah Gunung Bromo vegetasinya semakin berkurang dan api akan berhenti di Gunung Bromo yang tidak bervegetasi," tutur Septi. 

Halaman Selanjutnya
img_title