Warga Kebingungan Buang Sampah, Kota Batu Terancam Jadi Kota Sampah

Tumpukan sampah yang banyak dijumpai di Kota Batu.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Pasca TPA Tlekung ditutup, masyarakat Kota Batu panik lantaran tak bisa membuang sampahnya. Sampah masyarakat pun nampak terlihat menumpuk dan berserakan di banyak tempat, terutama fasilitas-fasilitas umum. 

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Perlu diketahui semenjak TPA Tlekung ditutup pada Rabu, 30 Agustus 2023, Kota Batu darurat sampah. Bahkan di beberapa media sosial Facebook misalnya sering kali ditemui tumpukan sampah berserakan di pinggir-pinggir jalan, sungai, dan fasilitas umum lainnya.

Masyarakat pun mengeluhkan keadaan darurat sampah. Seperti yang dikeluhkan oleh warga Kelurahan Sisir, Nurminingsih. Ia nampak kebingungan mau membuang sampahnya ke mana. Dirinya pun bertanya sampai kapan masalah ini terselesaikan oleh Pemkot Batu.

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

"Sudah numpuk sampahnya, saya bingung dibuang kemana. Sampai kapan ini terjadi, jujur saya sampai kesal harus bagaimana. Sebenarnya tidak saya saja warga sekampung juga bingung," kata Nurminingsih, Minggu 3 September 2023.

Menurutnya, sebelum TPA Tlekung di tutup, setiap pekan pengangkut sampah datang dua kali untuk mengambil. Namun semenjak TPA tutup tidak ada pengambilan sama sekali.

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

"Warga bingung, kita tidak tahu ada masalah apa. Ujuk-ujuk ditutup dan sampah tidak diambil tanpa pemberitahuan atau sosialisasi terlebih dahulu," tuturnya.

Senada, warga Kelurahan Ngaglik, Ririk Parawitasari mengaku masih sekitar 4 hari sampah sudah menumpuk. Bila dibiarkan tentu bakal menjadi masalah yang sangat serius. 

Halaman Selanjutnya
img_title