1.000 Warga Bulukerto Kota Batu Sumringah Usai Dapat Sertifikat PTSL

Penyerahan sertifikat PTSL secara simbolis.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Seribu warga Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu nampak tersenyum lebar karena mendapatkan sertifikat tanah melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kota Batu.

Didukung Solidaritas Ulama Muda, Fairouz Huda Bidik Kursi Wakil Wali Kota Malang

Penyerahan diberikan kepada 26 kepala RT di Balai Desa Bulukerto pada, Sabtu 26 Agustus 2023 kemarin. Kepala Desa Bulukerto, Suhermawan mengaku senang atas legalitas yang dimiliki oleh warganya. 

"Apalagi melalui program PTSL, sertifikat tanah didapat dengan biaya murah, karena jika mengurus secara mandiri di luar PTSL, bisa habis jutaan rupiah. Ini merupakan pertama kalinya ada di Bulukerto," katanya, Selasa 29 Agustus 2023. 

Solidaritas Ulama Muda Jokowi Dukung Fairouz Huda Maju Cawawali Kota Malang

Harapannya kedepan tidak ada lagi permasalahan sengketa tanah, karena warga sudah memiliki legalitas yang jelas. Oktober 2023 mendatang pihaknya pun bakal meminta jatah kuota kepada BPN.

"Awalnya ada 3200 pemohon namun karena kuotanya cuma 1000 ya kita rampungkan dulu kuota yang ada. Oktober kita sudah koordinasi dan bakal diberi 500-1000 kuota," tuturnya.

The Beauty of Shinning Batu, Ajang Promosi Kota Batu Tingkat Nasional

Pihaknya bersama BPN Kota Batu akan selalu mensukseskan program PTSL itu dengan sebaik- baiknya. Semua demi kenyamanan masyarakat Desa Bulukerto.

Sementara itu Kepala BPN Kota Batu, Haris Suharto menyampaikan mengajukan permohonan sejak pertengahan tahun 2022 lalu. Program ini untuk menjamin legalitas aset kepemilikan sehingga meminimalisasi potensi sengketa.

Halaman Selanjutnya
img_title