Suhu di Kota Batu Diprediksi Lebih Dingin Saat Agustus Nanti, Siapkan Pakaian Tebal

Alun-alun Kota Batu
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Suhu dingin yang melanda Kota Batu nampaknya bakal terjadi hingga bulan Agustus mendatang. Hal itu disampaikan oleh Forecaster BMKG Malang, Petty Yuliani, Rabu 26 Juli 2023.

BNPM Kota Malang Sebut Warung Madura 24 Jam Justru Banyak Manfaat Untuk Masyarakat

Menurutnya, siklus ini selalu terjadi setiap tahun saat bulan Juli hingga Agustus. Selain itu ada beberapa penyebab yang membuat suhu semakin dingin.

"Sebenarnya suhu dingin tidak hanya Kota Batu, tapi se-Malang Raya. Selain itu karena adanya gerak semu matahari bergerak ke Utara bumi," kata Petty. 

Catat! Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Asia U23 2024

Fenomena ini menyebabkan wilayah Indonesia yang berada di Selatan kehilangan sumber panas, akibatnya cuaca menjadi dingin. Kemudian, adanya tiupan udara dari Australia.

"Di Australia sekarang musim dingin atau winter, nah massa udara dingin dan kering tertiup udara. Udara tersebut melewati sebagian Selatan Indonesia. Itu merupakan penyebab suhu cukup dingin," ujar Petty. 

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Data dari BMKG, suhu di Kota Batu dalam sepekan ini rata-rata mencapai 16-17 derajat. Bahkan beberapa wilayah seperti Kecamatan Bumiaji bisa mencapai 14 derajat. 

"Untuk itu BMKG menghimbau masyarakat bisa menyiapkan diri dengan pakaian hangat untuk menjaga diri agar tidak mudah sakit. Apalagi untuk wisatawan yang datang ke Kota Batu, tentu suhu dingin bisa mengagetkan badan," tuturnya.