Mengapung 9 Jam di Laut, Pemandu Mahasiswa Asing UB Malang Ditemukan Selamat

Kehumasan Fakultas Kesehatan UB, dr. Kholipah, Ph.D.
Sumber :
  • Viva Malang

Malang, VIVA – Salah satu pemandu wisata mahasiswa asing Universitas Brawijaya, Malang yang tergulung ombak Pantai Jembatan Panjang, ditemukan dalam kondisi selamat. Dia adalah M Ruspandi (24) alias Pendik. 

Opini : Kemenangan Prabowo Gibran dan Mimpi Indonesia Emas 2045

Pendik adalah pemandu wisata bersama Made dan Bayu yang sebelumnya berusaha menyelamatkan Warga Negara Asing (WNA) mahasiswa UB. 2 WNA itu Jana Olivia Soland (24 tahun) asal Swiss dan Ana Brieva Ramirez (23 tahun) asal Spanyol

WNA ini hilang tergelung ombak Pantai Jembatan Panjang setelah sebelumnya berenang di pantai pada Sabtu, 8 Juli 2023. Pendik, Made dan Bayu yang merupakan pemandu wisata berusaha menyelamatkan Jana dan Ana tetapi ketiganya justru ikut tergulung ombak.

Dirjen HAM dan Pimpinan UPT Kemenkumham Jatim Kunjungan Kerja ke PT Taspen Cabang Malang

Kasatpolairud, AKP Totok Suprapto mengatakan, Pendik ditemukan dalam keadaan mengapung dengan jarak 0,586 kilometer atau 0,5 mil dari titik tempat kejadian perkara.

"Mereka ditemukan potensi SAR Pantai Selatan Rescue sekitar pukul 17.30 WIB. Artinya ia mengapung sekitar 9 jam lebih sejak kejadian," kata Totok. 

Semakin Jauh Dari Zona Degradasi, Arema FC Tetap Gaspol

Saat ini, BPBD, Basarnas, Tim UB dan masyarakat terus berusaha untuk mencari 4 orang lain. Namun karena cuaca sudah malam pencarian dilanjutkan pada Minggu, 9 Juli 2023 tetapi personel gabungan disiagakan di sekitar lokasi. 

"Personel gabungan Kepolisian, TNI, SAR, relawan, dan warga sekitar 90 orang. Tim tetap disiagakan pencarian dilanjutkan Minggu," ujar Totok. 

Halaman Selanjutnya
img_title