Jelang Idul Adha, Ancaman Wabah LSD Menghantui Peternak Sapi di Malang

Peternak sapi di Sanan, Kota Malang.
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Jelang Hari Raya Idul Adha Peternak sapi di Sanan, Kota Malang, khawatir dengan ancaman wabah penyakit menular Lumpy Skin Disease (LSD). Para peternak berharap Pemerintah Kota Malang mampu mengendalikan wabah ini agar tidak masuk ke daerah ini.

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Salah satu peternak, Kurniawan Hutomo mengatakan, bahwa wabah ini sudah sampai Pasuruan. Daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Malang. Informasi lintas peternak masuknya wabah LSD hampir sama dengan wabah Penyakit Mulut dan Kuku yakni melalui transmisi antar daerah. 

"Kalau disini tidak ada (LSD), semoga tidak ada, kalau khawatir pasti ada. Kalau kata teman saya di Pasuruan itu ada, itu penyebabnya hampir sama dengan PMK (Penyakit Mulut dan Kuku), (sapi) dari luar daerah masuk ke sana, jadi menular," kata Kurniawan Hutomo, Senin, 12 Juni 2023. 

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Pencegahan yang dilakukan oleh para peternak adalah saling memantau pergerakan keluar - masuk sapi. Apalagi selain LSD mereka sebenarnya juga masih bergelut dengan wabah PMK. 

Pada pekan lalu, seekor sapi mati akibat wabah PMK. Dua pekan lalu ada 5 ekor sapi mati karena PMK. Jumlah kasus kematian menurun dibandingkan tahun lalu yang hampir setiap hari. 

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

"Dulu tahun lalu (2022), sapi mati hampir setiap hari ada, kalau sekarang rentan waktunya lebih panjang, kadang selang satu atau dua bulan memang masih ada sapi mati kena PMK. Tapi saat ini kondisinya lebih baik," ujar Kurniawan. 

Data para petani, saat ini setidaknya ada 3.500 ekor sapi yang diternak di Sanan. Sekitar 85 persen sudah divaksin PMK. Diantaranya, sapi jenis Limosin dan Simmental. Untuk vaksinasi, biasanya petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Malang memantau kondisi kesehatan sapi kurang dari 7 hari jelang Hari Raya Idul Adha. 

Halaman Selanjutnya
img_title