Bagaimana Kabar Tol Wisata Sukorejo-Batu-Kediri 'Subakri'

Jalan Ir Soekarno di Kota Batu langganan macet
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Malang – Pernah mendengar rencana pembangunan tol Sukorejo-Batu-Kediri (Subakri)?. Pemerintah Provinsi Jawa Timur pernah merencanakan pembangunan tol tersebut, tetapi sampai saat ini belum ada tindaklanjut.

Dianggap Sosok Ideal, Dukungan Untuk Mantan Kajari Pasuruan Maju Bupati Semakin Deras

Sebenarnya, pembangunan tol ini sangat diharapkan karena bisa berdampak positif bagi perekonomian masyarakat Kota Batu dan sekitarnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengaku masih menunggu informasi dari Provinsi Jawa Timur 

Pj Wali Kota Malang Bakal Umumkan Pimpinan Dirut PDAM Minggu Ini

"Kami masih menunggu pembahasan lebih lanjut dari pihak provinsi, khususnya dari Dinas Pekerjaan Umum Jatim karena yang mengusulkan pembangunan tol wisata Subakri provinsi," katanya, Selasa, 30 Mei 2023. 

Alfi sedikit memberikan bocoran, jika terealisasi tol Subakri memiliki panjang 45 kilometer melintasi 3 pemerintah daerah antara lain Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. 

DPRD Kota Malang : RS Hermina Sebaiknya Minta Maaf Terbuka Dalam Kasus Penolakan Pasien

"Kalau letaknya di Kota Batu bakal melintasi Desa Giripurno dengan panjang 2,43 kilometer. Sekarang sepertinya rencana itu masih dikaji ulang, soalnya sekarang sudah ada jalan tol Surabaya-Malang yang membuat lonjakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu semakin meningkat," ujarnya.

Meski otoritasnya berada pada Pemprov Jatim, namun secara substansi Pemkot Batu merupakan salah satu daerah yang mendukung program ini demi mengurai kemacetan dan memudahkan masyarakat. 

Halaman Selanjutnya
img_title