Warga Masih Trauma Akibat Rumah Dirusak Mahasiswa Luar Daerah di Malang

Kondisi rumah warga pecah akibat diserang mahasiswa
Sumber :
  • Viva Malang

MalangWarga lingkungan Jalan Joyo Suryo, Merjosari, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, masih trauma akibat 5 rumah warga dirusak oleh mahasiswa luar daerah. Bentrok antara warga dan mahasiswa luar daerah terjadi pada Jumat, 26 Mei 2023 malam. 

Kota Batu Terancam Gagal Jadi Tuan Rumah Cabor BMX di Ajang Porprov 2025

Namun, ketegangan di lokasi terjadi hingga Sabtu, 27 Mei 2023 dinihari. Polisi saat itu sudah datang di lokasi untuk menetralisir keadaan. Beberapa mahasiswa dan warga juga dimintai keterangan oleh polisi. 

"Kami, warga disini masih trauma, karena kami masih khawatir dengan kejadian (serangan) kemarin," kata salah satu warga yang ada di lokasi. 

Jadwal Lengkap Pertandingan Perempat Final Piala Asia U23 2024

Kapolsek Lowokwaru, Ajun Komisaris Polisi Anton Widodo mengatakan, kericuhan ini bermula dari warga yang menegur mahasiswa karena dianggap berisik disaat waktu salat maghrib. Teguran warga ini tidak dihiraukan oleh mahasiswa. Sementara lokasi berdekatan dengan masjid

"Itu kan ada anak-anak Sumba, NTT. Kos di daerah Joyo Suryo. Informasi dari warga mau menjelang azan Maghrib itu mereka masih guyon. Suaranya kan kencang. Diberitahu sama tetangga kok masih saja. Warga ini lapor ke tetangga lain," kata Anton, Sabtu, 27 Mei 2023. 

8 Tim yang Lolos Perempat Final Piala Asia U23 2024, Indonesia U23 Satu-satunya Tim Debutan

Anton menuturkan, warga sekitar akhirnya datang ke tempat kos mahasiswa asal NTT ini. Informasi yang mereka himpun ada seorang mahasiswa yang membawa senjata tajam ke arah warga. Kemudian warga langsung mengambil senjata tajam dan mengikat mahasiswa ini karena melawan warga. 

"Terus warga lain datang. Titu mereka kata warga, dia (mahasiswa) bawa senjata tajam. Akhirnya diambillah sajam itu. Karena yang bawa sajam masih melawan, akhirnya diikat di dekat-dekat situ," ujar Anton. 

Halaman Selanjutnya
img_title