Ratusan Mahasiswa di Malang Demo, Desak Presiden dan DPR Batalkan UU Ciptaker

Demo mahasiswa di depan Gedung DPRD Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Ratusan mahasiswa dari sejumlah Perguruan Tinggi di Kota Malang menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Balai Kota Malang, Senin, 3 April 2023. Mereka menolak lahirnya Undang-Undang Cipta Kerja yang baru saja disahkan beberapa waktu lalu. 

Kemendagri Tunjuk Pj Wali Kota Batu jadi Komandan Upacara Hari Otoda di Surabaya

Ratusan mahasiswa ini melakukan longmarch dari Stadion Gajayana, Kota Malang. Sesampainya di depan Gedung DPRD Kota Malang massa aksi disambut rintik hujan. Selang beberapa menit kemudian hujan deras membasahi demonstran. Namun, mereka tidak beranjak dari lokasi dan tetap menyuarakan tuntutan menolak UU Ciptaker

Koordinator Lapangan Aliansi Suara Rakdjat (Asura) Dimas Aqil mengatakan, bahwa UU Ciptaker dibuat tidak sesuai dengan kaidah pembentukan peraturan Perundang-undangan. Pembentukannya dinilai terburu buru dan tidak mengedepankan asas keterbukaan.

Selip Ban, Truk Muatan Kaleng Tabrak Guadril Tol Jomo

"Kami datang menyampaikan aspirasi soal pengesahan UU Ciptaker yang ugal ugalan," kata Dimas. 

Demonstran mendesak Mahkamah Konstitusi untuk memutuskan bahwa UU Ciptaker Inkonstitusional. Mereka juga mendesak DPR RI dan Presiden untuk segera mencabut UU Ciptaker tanpa perubahan. 

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang dan Kejaksaan Negeri Kota Batu Saling Bersinergi

"Peraturan yang seharusnya dibuat untuk memecahkan masalah dalam masyarakat, malah menimbulkan masalah baru di tengah-tengah masyarakat," teriak salah satu demonstran lainnya melalui pengeras suara. 

Di tengah demonstrasi Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika bersama beberapa anggota lainnya akhirnya mencoba bertemu dengan demonstran. Namun, mereka mengurungkan niatnya untuk memberikan pernyataan ke demonstran. 

Halaman Selanjutnya
img_title