Pemkot Malang Tiadakan Mudik Gratis Tahun Ini

Kepala Dishub Kota Malang, Widjaja Saleh Putra
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Pemerintah Kota Malang memastikan tidak akan menyelenggarakan program mudik gratis untuk masyarakat. Karena Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang tidak memiliki anggaran pada momen lebaran tahun ini. 

Gathering Sinergi Bisnis Kadin dan Bank Jatim, Jalan Awal Bangun Perekonomian Kota Batu

Kepala Dishub Kota Malang, Widjaja Saleh Putra mengatakan meski tidak menyelenggarakan mudik gratis. Mereka mengajukan program mudik gratis ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Surat yang mereka ajukan yakni, permintaan 15 unit bus untuk 15 rute yang berangkat dari Kota Malang.

"Anggaran di Pemkot Malang tidak ada (mudik gratis). Semoga ada mudik gratis, karena provinsi yang menyelenggarakan. Kami mengajukan 15 unit untuk 15 rute,” kata Widjaja, Selasa, 21 Maret 2023. 

Bawaslu Klaim Masyarakat Kota BatuKurang Berani Laporkan Pelanggaran Pemilu

Widjaja mengatakan, alasan tidak menyelenggarakan mudik gratis karena program ini bukan prioritas Pemkot Malang. Meski begitu, mereka tetap menunggu keputusan atas pengajuan rencana 15 unit bus mudik ke Pemprov Jatim.

“Insya Allah ada karena program provinsi. Anggaran saat ini habis karena ada prioritas yang lain. Kebetulan ini kan tidak seberapa, intinya ada yang super prioritas daripada mudik gratis. Anggaran mudik gratis bisa diatasi provinsi. Sejak awal, kami juga diberi keleluasaan untuk mengajukan mudik gratis ke provinsi,” ujar Widjaja. 

PT Selecta Gelar RUPS, Catatkan Kenaikan Deviden

Dishub Kota Malang juga memprediksi bahwa jumlah pemudik di Kota Malang akan lebih banyak dibandingkan tahun lalu karena tidak ada pembatasan pandemi COVID-19. 

Di sisi lain, jumlah pemudik juga diprediksi akan meningkat saat lebaran 2023 ini. Dalam waktu dekat mereka akan melakukan diskusi rekayasa lalu lintas bersama Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan terlebih dahulu.

Halaman Selanjutnya
img_title