Kampung Kayutangan Heritage Kota Malang Masih Sepi Kunjungan Wisatawan

Kawasan dalam Kampung Kayutangan Heritage
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Ikon wisata Kota Malang yakni Kampung Kayutangan Heritage masih sepi kunjungan wisatawan di akhir tahun 2022 maupun awal 2023 ini. Banyak yang salah persepsi bahwa wisata Kampung Kayutangan Heritage adalah pedestrian yang dibangun dengan tema kolonial di sepanjang jalan Basuki Rahmat, Klojen, Kota Malang. 

Gathering Sinergi Bisnis Kadin dan Bank Jatim, Jalan Awal Bangun Perekonomian Kota Batu

Padahal Kampung Kayutangan Heritage berada di dalam perkampungan. Di tempat ini hal yang ditawarkan pada para pengunjung adalah puluhan bangunan kolonial yang masih berdiri di era milenial ini. 

Untuk mempercantiknya, mereka menghias rumah mereka dan kampung Kayutangan Heritage bak kehidupan era kolonial. Sebuah banner besar dipasang disudut kampung dengan latar belakang cerita kawasan ini pada era kolonial. Pernak-pernik era kolonial seperti lampu dan papan petunjuk jalan juga di pasang agar nuansanya makin kental.

Bawaslu Klaim Masyarakat Kota BatuKurang Berani Laporkan Pelanggaran Pemilu

"Memang yang ramai itu di atas (kawasan pedestrian), tapi masuk yang ke dalam (perkampungan) tidak ada. Sekarang kondisinya memprihatinkan, dulu yang ngangkat Kayutangan ya kampungnya. Pengunjung kurang drastis dari yang 100 persen jadi 1 persen. Harapan kita wisatawan yang di depan bisa masuk," kata salah satu warga setempat, Rudi Haris (65 tahun). 

Rudi mengatakan, perlu ada kegiatan khusus yang bisa mengundang wisatawan berkunjung ke Kampung Kayutangan Heritage. Diantaranya, membuat even seperti festival musik keroncong dan festival jajan jaman dahulu seperti sebelum pandemi COVID-19 melanda.

PT Selecta Gelar RUPS, Catatkan Kenaikan Deviden

"Dulu seperti musik keroncong sering main disini. Terus ada festival jajan lawas. Tapi pandemi (COVID-19) tidak boleh ada acara. Saya berharap PPKM ini dicabut mudah-mudahan ada event lagi yang bisa meramaikan kampung heritage," ujar Rudi.

Rudi menuturkan, bahwa dirinya pernah ngobrol dengan salah satu wisatawan beberapa waktu lalu. Selama ini anggapan masyarakat Kampung Kayutangan Heritage adalah pedestrian yang baru saja dibangun oleh pemerintah di 3 koridor Kayutangan.

Halaman Selanjutnya
img_title