Ratusan Upaya Duplikasi Penerbitan Paspor Digagalkan Imigrasi Malang

Kepala Imigrasi Kelas 1 TPI Malang, Ramdhani.
Sumber :
  • Viva Malang

Malang –Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang menggagalkan 131 permohonan penerbitan paspor. Penolakan ini karena ditemukan pemohon yang melakukan duplikasi data sehingga justru membahayakan pemohon tersebut jika pengurusannya diloloskan. 

Libur Lebaran Alun-alun Malang Dibanjiri Wisatawan

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Ramdhani mengatakan temuan ini diketahui saat petugas menanyakan kepada pemohon. Alasan pemohon rata-rata berbohong soal kepemilikan paspor lama. Seperti menjawab tidak punya tapi saat diperiksa di sistim imigrasi menunjukkan pernah memiliki. 

"Misal seseorang dari Medan, sudah pernah membuat paspor ke luar negeri, kemudian datang ke Malang bilangnya belum, dengan mudahnya supaya tidak mencari-cari, karena buru-buru, menggampangkan bilang tidak ada, merasa ribet. Padahal kami melaksanakan tugas sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur), bukan mempersulit," kata Ramdhani.  

Periode Arus Mudik, Konsumsi Pertamax dan Dex Series Alami Kenaikan

Ramdhani mengaim sistem yang ada saat ini memudahkan untuk mendeteksi permohonan paspor ganda. Tujuannya, supaya mencegah orang-orang yang tidak bertanggungjawab seperti memiliki permasalahan hukum di Indonesia untuk kabur ke luar negeri.

"Kami memiliki sistem akurat, sehingga ketika kita cek terjadi duplikasi. Artinya kesadaran masyarakat kita masih rendah, andaikan itu bisa lolos, itu berbahaya, misal orang-orang dengan kasus korupsi bisa lari," ujar Ramdhani. 

5 Ribu Lebih Pelanggan Gunakan Kereta Api dari Stasiun Malang pada Momen Lebaran 2024

Sementara itu, jelang libur akhir tahun pada Desember 2022 permohonan penerbitan paspor ke luar negeri di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang meningkat. Negara di Asia Tenggara masih menjadi tujuan yang paling banyak pada libur natal dan tahun baru kali ini. 

Permintaan bahkan melebihi jumlah kuota 100 paspor per hari. Tujuan wisata paling banyak adalah Singapura dan Malaysia. Disusul permintaan paspor ke Arab Saudi untuk kepentingan ibadah umrah. 

Halaman Selanjutnya
img_title