Bromo Ditutup bagi Kendaraan Bermotor Pada Akhir Tahun dan Awal Tahun

Wisatawan Menikmati Suasana Gunung Bromo
Sumber :
  • dokumen bromo project

Malang – Sebagai penghormatan pada budaya dan adat masyarakat suku Tengger kawasan Kaldera Bromo Tengger Semeru bakal ditutup bagi kendaraan bermotor. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mengumumkan penutupan berlaku dalam dua tahap. 

Diduga Belum Kantongi Izin, Toko Modern di Jombang Nekat Buka

Penutupan pertama pada Jumat 23 Desember 2022 hingga Sabtu 24 Desember 2022. Pada tanggal tersebut Suku Tengger menggelar Megeng atau pembukaan ritual Wulan Kapitu.

"Dilakukan penutupan Kaldera Bromo Tengger Semeru dari kendaraan bermotor kecuali kedaruratan atau emergency,” ujar Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Hendro Widjanarko pada Selasa 13 Desember 2022.

Satreskrim Polres Batu Bongkar Perjudian Sabung Ayam di Giripurno

Penutupan kedua lakukan pada Sabtu, 21 Januari 2023 mulal pukul 18.00 WIB sampai dengan Minggu tanggal 22 Januari 2023 pukul 18.00 WIB. Ini adalah akhir Wulan Kapitu dalam kalender suku Tengger. 

"Untuk kendaraan bermotor yang datang dari arah Pasuruan dengan tujuan ke kawasan TNBTS hanya boleh sampai Pakis Bincil. Untuk kendaraan dari arah Malang dan Lumajang hanya diperbolehkan sampai Jemplang. Dan dari arah Probolinggo sampal dengan Cemorolawang,” ujar Hendro. 

Cabor BMX Kota Batu Terancam Gagal Jadi Tuan Rumah Porprov 2025

Sebagai informasi Wulan Kapitu atau bulan ketujuh dianggap sebagai bulan suci oleh masyarakat Suku Tengger. Pada bulan tersebut mereka melakukan laku puasa mutih selama satu bulan penuh.

Balai Besar TNBTS sebagai otoritas pariwisata di daerah itu memutuskan menutup Kaldera TNBTS setelah memperhatikan surat Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo Nomor 219/PHD1-KAB/XI/2022 tanggal 5 Desember 2022 perihal Pemberitahuan Wulan Kapitu.