2024 Pemkot Batu Siapkan Rp 1 Miliar untuk Angkutan Gratis Pelajar

Saat pembahasan angkutan gratis pelajar.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVAPemkot Batu melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu menganggarkan Rp1 miliar pada tahun 2024 untuk menggratiskan transportasi pulang pergi bagi pelajar jenjang SD dan SMP.

BNPM Kota Malang Sebut Warung Madura 24 Jam Justru Banyak Manfaat Untuk Masyarakat

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan di jalan raya yang kerap terjadi serta meringankan beban para wali murid. Dalam program ini Dishub Kota Batu menggandeng para sopir angkutan umum. 

"Dengan cara mengangkut anak-anak ke sekolah hingga pulang sampai di rumah ini menjamin keselamatannya. Tentunya, angkutan gratis ini harapannya mempermudah anak-anak ke sekolah. Juga untuk meringankan beban orang tua," kata Plt Kepala Dishub Kota Batu, Agus Mahmudi, Kamis 7 Desember 2023.

Catat! Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Asia U23 2024

Anggaran tersebut juga sudah disetujui dari pengajuan 2023 ini. Agus meminta, kepada guru sekolah segera mendata muridnya. Mulai alamat rumah hingga kendaraan yang dipakai untuk pergi maupun pulang sekolah.

"Kalau mekanisme segera kita bahas dengan para sopir angkot, dikaji dulu. Mohon kepada para sopir maupun pemilik angkutan untuk membuat layak kendarannya. Karena, itu menjadi syarat utama untuk nantinya mengangkut anak sekolah gratis," ujarnya. 

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Sementara, Wakil Organda Kota Batu, Arok Sujarwo, mengatakan hingga saat ini detail teknis program angkutan gratis anak sekolah belum diketahui. Dirinya pun mewakili rekannya sangat senang adanya program dari Pemkot Batu tersebut.

"Respon kami positif. Memang harapan kami dari dulu seperti itu untuk meningkatkan pemasukan para sopir khususnya angkot. Tinggal nanti teknisnya mewujudkan program ini di lapangan bagaimana. Tentu akan ada pembahasan lebih lanjut," tuturnya.