Diduga Ada Pungli Untuk Siswa di SMA Negeri, Warga Jombang Demo Cabdindik Provinsi Jatim

Warga Jombang demo Candindik Provinsi Jatim atas dugaan Pungli
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Sejumlah warga di Kabupaten Jombanh yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat Forum Rembug Masyarakat Jombang (LSM FRMJ) menggelar demonstrasi atas dugaan pungutan liar (pungli) yang dilakukan beberapa SMA Negeri di Kabupaten Jombang. Pungli tersebut sampai menyasar para pelajar.

Viral Dugaan Pemerasan di Lawang, Polres Malang Lakukan Penyelidikan

Demo dilakukan di kantor cabang dinas pendidikan (Cabdin) Provinsi Jatim wilayah Jombang. Mereka mendesak dugaan pungli berkedok sumbangan harus dihentikan. LSM FRMJ mengaku selama membuka posko pengaduan dia kerap menerima aduan dari wali murid dari SMA Negeri di Jombang.

"Keresahan kita, warga itu banyak sekali yang mengadu, lewat WA atau datang ke kantor. Karena kita sebagai LSM buka pelayanan pengaduan 24 jam," kata koordinator LSM FRMJ, Joko Fattah, Rabu, 29 November 2023.

Wanita Muda Asal Jakarta Ditemukan Tewas di Bawah Jembatan Tunggulmas Kota Malang

Fattah mengaku jelang pelaksanaan ujian SMA Negeri di Jombang, banyak sekali aduan yang masuk ke FRMJ. Aduan yang masuk berasal dari wali murid yang mengaku anaknya mendapat pesan whatsapp (WA) dari pihak sekolah.

Dimana, pesan WA tersebut berisi peringatan untuk melakukan pembayaran sejumlah uang yang dimaksudkan sebagai sumbangan pembangunan gedung di sekolah tersebut.

Aksi Pencuri 'Obok-Obok' Sekolah SMA di Jombang Terekam CCTV

"Menghadapi persoalan mau ujian, ini banyak sekali (pelajar) yang di WA (WhatsApp), tolong dilunasi atau diangsur. Kalau tidak diangsur anda tidak akan dapat nomor untuk ujian, ini muridnya pak yang dapat WA," ujar Fattah.

Adanya, pesan WA dari pihak sekolah hingga ke siswa, dianggap keluar dari konteks pembelajaran. Karena isi pesan WA tersebut, lebih condong ke bentuk tindakan intimidasi. Fattah menyebut seharusnya siswa siswi di sekolah SMA Negeri, hanya mengetahui soal proses belajar mengajar tidak mengerti terkait urusan biaya pendidikan.

Halaman Selanjutnya
img_title