Fakultas Vokasi UB Ajari Public Speaking Untuk Perangkat Desa di Singosari Malang

Dosen Fakultas Vokasi UB, Hapsari Dian Sylvatri
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Tim dosen dan mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya (UB) melaksanakan pengabdian masyarakat. Mereka memberikan pelatihan public speaking. Tujuannya, meningkatkan kemampuan diri untuk berbicara di depan umum.

Taman Krida Budaya Jatim Bakal Dibangun Jadi Hotel Berbintang dan Sentra Kuliner

Setidaknya ada 10 perangkat desa, di Desa Klampok Singosari, Kabupaten Malang yang mendapat pelatihan ini. Selain soal public speaking mereka juga mendapat pelatihan personal branding

"Hasil survei kami ke kepala desa mereka membutuhkan soft skill. Nah apa saja yang dibutuhkan, terutama soal public speaking dan personal branding untuk menunjang potensi sumber daya manusia di perangkat desa," kata Dosen D3 Adminstrasi Bisnis Fakultas Vokasi UB, Hapsari Dian Sylvatri, Jumat, 9 Juni 2023. 

TPP ASN Pemkot Batu Terancam Tak Cair

Sylvatri mengatakan, bahwa Desa Klampok, Singosari memiliki potensi luar biasa di Kabupaten Malang. Apalagi daerah ini menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). 

Hasil penelitian mereka soal kemampuan diri untuk berbicara di depan umum. Kecakapan dalam berbahasa Inggris juga menjadi kebutuhan bagi perangkat desa. Temuan lainnya, adalah pemanfaatan media sosial bagi kinerja perangkat desa termasuk pelayanan dan sebagainya. 

Upaya Perlindungan Anak di Kota Pasuruan Mendapat Apresiasi Tim Kunjungan UNICEF

"Ternyata mereka juga membutuhkan cara cakap berbahasa Inggris. Ini acaranya komplit tidak hanya bahasa Inggris tapi juga termasuk soal media sosial agar desa ini semakin kekinian agar desa bisa berbahasa Inggris dan aktif. Karena semuanya komunikasi adalah yang utama di semua bidang. Ini akan kita lakukan secara berkelanjutan," ujar Sylvatri. 

Kepala Desa Klampok, Singosari, Jefry Arnast mengaku sangat antusias mendapatkan pelatihan public speaking. Apalagi pelatihan ini baru pertama mereka dapatkan dalam pengabdian masyarakat dari perguruan tinggi. 

Halaman Selanjutnya
img_title