21.960 Peserta Mengikuti Tes UTBK di UB Meningkat Dibanding Tahun Lalu

Rektor UB, Prof. Widodo dan Prof.Dr. Imam Santoso
Sumber :
  • Viva Malang

MalangUniversitas Brawijaya (UB) menjadi salah satu tempat pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) secara nasional. UB sendiri menyiapkan 1.580 komputer dan 61 ruang di 16 lokasi. 

Opini : Kemenangan Prabowo Gibran dan Mimpi Indonesia Emas 2045

Peserta yang akan mengikuti UTBK 2023 di UB sebanyak 21.960 orang atau meningkat sebanyak 12,7 persen dibandingkan tahun 2022 lalu. 

Rektor UB, Prof. Widodo memastikan persiapan mereka untuk pelaksanaan UTBK berjalan dengan baik dan lancar. UB sendiri menjadi tempat pelaksanaan UTBK gelombang pertama pada 8 hingga 14 Mei 2023 mendatang. Sedangkan gelombang kedua pada 22 hingga 28 Mei 2023 mereka tidak menyelenggarakan. 

Dirjen HAM dan Pimpinan UPT Kemenkumham Jatim Kunjungan Kerja ke PT Taspen Cabang Malang

"Saya berharap pelaksanaan UTBK bisa berjalan lancar sehingga bisa terjaring talenta-talenta bagus yang mumpuni untuk menjadi mahasiswa," kata Widodo. 

Ketua Pusat UTBK UB sekaligus Wakil Rektor bidang Akademik, Prof.Dr. Imam Santoso mengatakan, bahwa penyelenggaraan UTBK 2023 di UB melibatkan 550 pengawas, 16 penanggung jawab lokasi, 16 penanggung jawab TIK lokasi, 16 admin TIK lokasi, 4 admin server, dan 69 teknisi ruang dalam tiap sesi. 

Semakin Jauh Dari Zona Degradasi, Arema FC Tetap Gaspol

Kemudian untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan atau perjokian. UB menggunakan metal detector untuk memeriksa peserta sebelum memasuki ruang UTBK. Selain itu cek suhu badan peserta juga dilakukan sesuai protokol kesehatan.

"Tetap diberlakukan prokes walau tidak seketat tahun lalu. Karena selama dua Minggu ini ada peningkatan kejadian COVID-19. Kami tetap ingin memastikan peserta masuk dalam kondisi yang sehat dengan menggunakan thermal gun dan monitor pendeteksi suhu. Namun selebihnya kami menggunakan ketentuan prokes secara nasional," ujar Imam.

Halaman Selanjutnya
img_title