Mampukah Timnas Indonesia Lolos ke Perempatfinal Piala Asia U-20

Ilustrasi Timnas Indonesia U-20 lolos Piala Asia U-20
Sumber :
  • VIVA

MalangTimnas Indonesia U-20 mengawali perjuangan di Piala Asia U-20 dengan hasil minor. Saat melawan Irak pada laga pembukaan Grup A yang berlangsung pada Rabu (1 Maret 2023), Garuda Muda yang unggul jumlah pemain setelah pemain lawan mendapat kartu merah, justru harus menelan kekalahan 0-2.

Diduga Bunuh Diri, Pria di Jombang Nekat Terjun ke Sungai Brantas

Untungnya pada pertandingan kedua yang dimainkan pada Sabtu (4 Maret 2023), tim asuhan Shin Tae Yong itu mampu berbenah. Penyerang Hokky Caraka mencetak gol penting pada menit ke-34 dengan gaya penyelesaian khas pemain Belanda Arjen Robben dengan gerakan memotongnya, dan kiper Daffa Fasya tampil gemilang di bawah mistar gawang untuk membantu mengamankan kemenangan 1-0 atas Suriah.

Setelah memainkan dua laga di ibukota Uzbekistan, Tashkent, timnas Indonesia U-20 akan memainkan laga pamungkas fase grup menghadapi tuan rumah di kota Fergana pada Selasa (7 Maret 2023). Kemenangan atas Uzbekistan menjadi kunci lolosnya Indonesia ke perempat final.

Pembelaan Widodo C Putro Usai Arema FC Kalah dari PSS

Saat ini Indonesia menghuni posisi ketiga klasemen sementara Grup A dengan tiga poin, jumlah poin itu sama dengan milik Irak namun Irak unggul selisih gol. Sedangkan posisi teratas dikuasai Uzbekistan dengan enam poin, dan posisi juru kunci diduduki oleh Suriah dengan nol poin.

Skenario pertama Indonesia lolos ke perempat final adalah Indonesia mengalahkan Uzbekistan, sedangkan Irak bermain imbang dengan Suriah. Jika hal itu terjadi, Indonesia dan Uzbekistan akan sama-sama mengoleksi enam poin dan melaju ke putaran selanjutnya, sedangkan Irak mengakhiri fase grup dengan koleksi empat poin, dan Suriah tiga poin.

Perputaran Uang saat Libur Lebaran di Kota Batu Diprediksi Capai Rp200 Miliar

Skenario berikutnya adalah Indonesia bermain imbang dengan Uzbekistan, sedangkan Suriah mampu mengalahkan Irak. Jika hal itu terjadi, maka Uzbekistan memiliki tujuh poin, Indonesia memiliki empat poin, dan keduanya berhak lolos ke fase gugur. Sedangkan Irak memiliki tiga poin dan Suriah memiliki tiga poin.

Namun penentuan tim yang lolos dari fase grup pada Piala Asia U-20 juga memiliki cara lain jika terdapat dua atau tiga tim dengan jumlah poin yang sama.

Halaman Selanjutnya
img_title