Jatim Park Group Dorong Pertumbuhan UMKM Lewat Konsep Pasar Wisata di Kota Batu

Pasar Apung salah satu wadah bagi pelaku UMKM di Jatim Park
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Keberadaan industri wisata di Kota Batu, khususnya melalui Jatim Park Group (JTP Group), memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan menghadirkan konsep Pasar Wisata, JTP Group menciptakan ekosistem ekonomi berkelanjutan yang berdampak luas terhadap perekonomian daerah.

Malang Ekspor 300 Kontainer Wood Pellet ke Korea Selatan

Manajer Marketing dan Public Relations Jatim Park Group, Titik S. Ariyanto, mengungkapkan bahwa dukungan terhadap UMKM sudah dimulai sejak operasional Jatim Park 1 pada tahun 2001. Sejak itu, JTP Group terus membuka peluang bagi UMKM untuk berkembang dan menjadi bagian dari industri pariwisata Kota Batu.

"Kami sudah menggandeng banyak UMKM untuk menyediakan suvenir, oleh-oleh, hingga makanan khas. Konsep ini kami kembangkan di Batu Night Spectacular (BNS) dengan menghadirkan Pasar Wisata sebagai wadah strategis bagi UMKM," ujar Titik, Rabu, 29 Januari 2025.

Hujan Deras Picu Longsor di 3 Titik Kota Batu, Akses Pura Giri Arjuno Tertutup Total

Seiring berkembangnya destinasi wisata di bawah naungan JTP Group, pemberdayaan UMKM juga diperluas ke berbagai lokasi seperti Jatim Park 2, Jatim Park 3, Museum Angkut, Batu Love Garden (Baloga), dan Predator Fun Park. Dengan meningkatnya jumlah wisatawan, kebutuhan akan produk lokal semakin tinggi, menciptakan peluang besar bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya.

"Hingga 2025, kami memperkirakan sekitar 700 UMKM telah terlibat langsung dalam ekosistem wisata Jatim Park Group. Mereka mendapatkan ruang strategis untuk memasarkan produk mereka, baik di area wisata maupun di Pasar Wisata," katanya.

Kota Malang Bakal Ekspor Keripik dan Daun Pisang ke Australia

Selain UMKM yang terlibat secara langsung, multiplier effect kehadiran JTP Group juga terasa di sektor ekonomi lainnya, termasuk kuliner, perhotelan, transportasi, dan akomodasi wisata.

"Delapan destinasi wisata JTP telah meningkatkan pendapatan warung makan, hotel, dan sektor pendukung lainnya. Jika dihitung, ribuan UMKM mendapat manfaat dari ekosistem ini," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title