Ini Makam Tiga Kiai Jombang Pendiri NU yang Selalu Ramai Orang Takziah

Pondok Pesantren Tebuireng, Diwek, Jombang
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Pada umumnya, masyarakat luas mengenal bahwa pendiri Nahdlatul Ulama (NU) itu adalah tiga kiai, yaitu Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari, Kiai Haji Abdul Wahab Hasbullah, dan Kiai Haji Bisri Syansuri. Meski sebenarnya pendiri NU itu ada banyak, yaitu para ulama besar selain tiga kiai utama tersebut. 

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Seperti Kiai Cholil Bangkalan yang merupakan guru dari Kiai Hasyim juga disebut sebagai pendiri NU, begitu juga Kiai Faqih Maskumambang Gresik yang disebut-sebut sebagai Wakil Rais Akbar. 

Kiai Mas Alwi Abdul Aziz yang menamai Nahdlatul Ulama, Kiai Ridwan Abdullah yang membuat lambang NU, juga Kiai Abdul Chalim yang merupakan Wakil Katib dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pertama kali, adalah di antara para ulama pendiri Nahdlatul Ulama, dan masih banyak lagi. 

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

Namun, demikian tidak semua ulama besar itu dimakamkan di Jombang. Hanya tiga kiai yang terlibat dalam pendirian NU, yang dimakamkan di Jombang, dan hingga kini makamnya ramai dikunjungi.

Yang pertama, makam Kiai Hasyim Asy'ari adalah pemimpin tertinggi NU yang pertama, sebagai Rais Akbar. Kiai Hasyim memiliki julukan Hadratussyaikh yang berarti Maha Guru dan telah hafal Kutubus Sittah (6 kitab hadits), serta memiliki gelar Syaikhul Masyayikh yang berarti Gurunya Para Guru. Beliau wafat dan di makamkan di komplek pemakaman pondok yang ada di Jalan Irian Jaya Nomor 10, Cukir, Diwek, Kabupaten Jombang.

Momen Haul Mbah Slagah Kota Pasuruan Dipadati Ribuan Jemaah

Beliau menghembuskan nafas yang terakhir pada tanggal 25 Juli di tahun 1947. Dan dimakamkan di kompleks pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng.

Setelah Kiai Hasyim meninggal, kepemimpinan NU dilanjutkan oleh Kiai Haji Abdul Wahab Hasbullah. Kiai Haji Abdul Wahab Chasbullah atau yang biasa dikenal Kiai Wahab adalah seorang ulama pendiri Nahdatul Ulama

Halaman Selanjutnya
img_title