Benarkah MSG Mengandung Racun ? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Ilustrasi Monosodium Glutamat
Sumber :
  • Istimewa

Malang, VIVA – Rumor Monosodium Glutamat (MSG) mengandung racun tersebar sejak lama dikalangan masyarakat. Ada rumor MSG dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan yang berbahaya. 

Nama Moreno Soeprapto dan Rimzah Muncul Dalam Calon Wali Kota Malang dari Gerindra

Dosen Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Nur Lailatul Masruroh menepis anggapan itu. Dia menjelaskan, MSG merupakan garam natrium dari asam glutamat

Kandungan itu merupakan jenis asam amino yang secara alami ada dalam makanan seperti tomat, keju, dan daging. Untuk pembuatan MSG sendiri biasanya melalui proses ekstraksi sari tetes tebu. 

Diganjar Pemuda Inspiratif, Fairouz Huda : 'Saya Persembahkan Untuk Ibu Khofifah dan Mas Emil'

"MSG sebenarnya adalah garam natrium dari asam glutamat, suatu komponen alami yang dapat ditemukan dalam banyak makanan. Namun beberapa orang mungkin mengalami reaksi sensitivitas, ini tidak bisa dijadikan dasar untuk mengeneralisasi MSG sebagai zat berbahaya secara umum,” kata dosen yang akrab disapa Ila ini, Selasa, 9 Januari 2024. 

Ila menegaskan, asalkan sesuai dengan takaran yang dianjurkan maka konsumsi MSG sebenarnya tidak berbahaya. Jika merujuk pada Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, takaran harian yang dianggap aman adalah sekitar 2 hingga 2,5 gram MSG per hari. 

Bawaslu Kota Batu Buka Pendaftaran Panwascam, Simak Ini Syarat dan Jadwalnya

Ini setara dengan 1/2 hingga 1 sendok teh. Namun tetap penting diingat bahwa takaran harian ini adalah panduan umum, dan toleransi terhadap MSG dapat bervariasi antar individu.

"Banyak studi ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi MSG dalam takaran yang wajar tidak menyebabkan efek samping signifikan pada sebagian besar orang. Namun beberapa individu mungkin mengalami reaksi seperti sakit kepala atau nyeri otot. Efek samping ini biasanya bersifat sementara dan tidak terjadi pada semua orang," ujar Ila. 

Halaman Selanjutnya
img_title