Serunya, Festival Rafting Jelajah Sungai Brantas di Kota Batu

Pembukaan Festival Rafting Jelajah Sungai Brantas.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Pertama di Indonesia ada Festival Rafting Jelajah Sungai Brantas KWB 2023 di Kota Batu bertema Pesona Kota Batu untuk Indonesia di Apple Sun Kali Watu Rafting, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Diganjar Pemuda Inspiratif, Fairouz Huda : 'Saya Persembahkan Untuk Ibu Khofifah dan Mas Emil'

Hal tersebut diyakini merupakan pertama di Indonesia, terlebih dalam festival tersebut diikuti 100 peserta dari 24 desa/kelurahan yang mengenakan kostum-kostum unik saat rafting.

Owner Kaliwatu Rafting, Mukhlas Rofiq mengatakan bahwa kolaborasi dengan Pemerintah Kota Batu dalam hal ini Dinas Pariwisata adalah yang pertama kali dilakukan. Ini merupakan festival mengarungi sungai Brantas pertama kali di Kota Batu. 

Bawaslu Kota Batu Buka Pendaftaran Panwascam, Simak Ini Syarat dan Jadwalnya

"Ini adalah kolaborasi yang luar biasa dengan Dinas Pariwisata. Sebagai pegiat wisata kami ingin kedepannya bisa terus dilakukan dengan menggandeng masyarakat Kota Batu. Terlebih dalam kegiatan tidak hanya eksplore potensi yang ada, tapi peserta juga mengarungi sungai dengan mengunakan kostum yang unik dan melakukan konservasi lingkungan," kata Mukhlas. 

Panitia Festival Rafting KWB, Agus Warenk mengatakan bahwa nantinya Festival Rafting KWB juga diikuti oleh asosiasi pelaku wisata di Kota Malang dan Kabupaten Malang. Di mana para peserta akan diajak menyusuri keindahan Sungai Brantas menggunakan boat sepanjang 6 hingga 7 kilometer. 

Ini Nama 50 Calon Terpilih Anggota DPRD Jombang yang Ditetapkan KPU

"Selain menikmati keindahan aliran Sungai Brantas, peserta juga akan diajak untuk peduli lingkungan dengan melakukan bersih sungai dan tanam pohon. Serta akan ada perlombaan bagi peserta agar Festival Rafting KWB agar lebih menarik dan seru," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan bahwa sebagaimana tema dalam perayaan Hari Jadi ke 22 Kota Batu 'Pesona Kota Batu Untuk Indonesia' Pemerintah bersama dengan Kaliwatu Rafting dan masyarakat yang terlibat ingin mengeksplore potensi yang ada di Kota Batu. 

Halaman Selanjutnya
img_title