Orangutan di Taman Safari Prigen Tumpengan Sambut World Orangutan Day

Orangutan di Taman Safari Prigen
Sumber :
  • Mochamad Rois / Pasuruan

Pasuruan, VIVA – Tidak hanya manusia. Satwa seperti orangutan di Taman Safari Prigen, Jawa Timur, pun ternyata juga tumpengan saat merayakan hari penting. 

Polisi Sita Ratusan Miras Ilegal di Rumah Pemuda Ngoro Jombang

Namun, isian tumpengnya tentu berbeda. Tidak ada nasi kuning, melainkan isi beragam buah-buahan.

Satwa orangutan di kawasan konservasi itu pun tampak berebut isian tumpeng durian, pisang dan beragam buah di peringatan World Orangutan Day atau Hari Orangutan Sedunia, Minggu, 20 Agustus 2023 kemarin.

Ratusan Peserta Semarakkan Turnamen Catur bersama Bacabup Pasuruan Ramdhanu Dwiyantoro

Curator Life Science The Grand Taman Safari Prigen Jawa Timur, Eko Windarto mengatakan jika fakta unik dari Orangutan adalah pecinta durian. Hal ini dikarenakan buah durian menjadi salah satu buah yang ditemukan di hutan oleh orangutan. Dasar inilah yang menjadi durian sebagai buah favorit orangutan.

“Jika di Kalimantan terdapat buah kembaran durian yaitu buah Lay. Di hutan mereka lebih mudah mendapatkan buah Lay atau durian, sehingga menjadi buah favorit mereka, berbeda dengan jeruk, apel, dan sebagainya,” kata Eko Windarto, Senin, 21 Agustus 2023. 

Menuju Kota Informatif, Pemkot Pasuruan Gelar Pelatihan Penyusunan Daftar Informasi Publik

Dalam acara World Orangutan Day, The Grand Taman Safari Prigen Jawa Timur mengajak masyarakat ikut melestarikan orangutan. Ada berbagai kegiatan selain tumpeng pakan khusus Orangutan, di antaranya keeper talk, kuis kahoot, membuat enrichment, feeding orangutan.

“Melalui kampanye ini masyarakat diajak untuk memulai komitmen pelestarian orangutan. Masyarakat diharapkan semakin paham tantangan konservasi yang saat ini semakin kritis. Tak hanya itu saja, point pentingnya adalah menumbuhkan rasa cinta dan sayang terhadap Orangutan sejak dini,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title