Rahasia Usir Rasa Nervous Saat Presentasi, Ini Tips dari Jawara Presentasi Nasional

Tomy Bagus Setiawan dan Bagus Mahardika Parikesid saat presentasi.
Sumber :
  • Istimewa

Malang, VIVAPresentasi menjadi kunci penting sebuah perusahaan untuk meyakinkan kliennya. Tentu, dalam situasi penting itu, semua rasa ketegangan, panik atau malu harus disingkirkan. Tapi terkadang pikiran itu sirna seketika jika menghadapi panelis atau klien yang profesional dan berpengalaman.

Pj Wali Kota Batu Berikan Uang Pembinaan dan Penghargaan pada Pandu, Juara Downhill Asian

Dalam situasi tersebut, serangan 'blank' mendadak biasanya melanda. Jika situasi itu tak mampu anda kuasai, maka bukan tidak mungkin presentasimu dinilai tak menarik. Atau kemungkinan terburuknya gagal total. 

Lalu bagaimanakah cara mengatasinya? Duo Bagus, yaitu Tomy Bagus Setiawan dan Bagus Mahardika Parikesid membagikan rahasia untuk mengatasi ketegangan tersebut. Keduanya telah membuktikan kemampuannya di ajang kompetisi skala nasional yang digelar di Surabaya beberapa waktu lalu.

Datangi 2 Tempat Ekraf, Pj Wali Kota Batu Optimistis Potensi Pariwisata Terus Berkembang

Dalam presentasinya, Duo Bagus asal Bojonegoro ini bahkan membuat para panelis berpengalaman di bidangnya itu terkesima dengan pemaparan demi pemaparan. Alhasil, para juri memberikan gelar juara itu kepada mereka. 

Bicara seputar rahasia mengusir rasa nervous itu tadi, Tomy Bagus Setiawan menuturkan jika kekuatan presentasi terletak dari sajian data hingga menjadikannya bermakna dan berkesan. 

Kepala Korban Belum Ditemukan, Polisi Masih Sterilisasi Sumber Ledakan Bom Ikan Bondet di Pasuruan

"Jadi pertama, siapkan data dengan baik, diskusi dengan tim, pastikan data ini sudah terverifikasi, sehingga kita bisa mempertanggungjawabkan alasan hingga kebenarannya di depan panelis," kata Tomy.

Kemudian, imbuh Tomy, hal lain yang juga harus disiapkan adalah mental. "Kebetulan saya dan Mas Bagus sudah terbiasa dengan kultur presentasi di tempat kerja, jadi secara chemistry sudah dapat. Akhirnya mental kami terbentuk," ujar Tomy.

Halaman Selanjutnya
img_title