Filosofi Di Balik Njenang Bareng Warga Desa Tulungrejo Kota Batu

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai saat njenang bareng
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Ratusan masyarakat Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu semangat mengaduk adonan di wajan berukuran besar saat 'Njenang Bareng' di Lapangan Translok dalam rangka Metri Bumi, Minggu, 6 Agustus 2023.

Indeks Pembangunan Manusia Kota Pasuruan Terus Naik Capai 78,30

Njenang Bareng ini menjadi tradisi yang selalu dilakukan warga untuk menjaga kesatuan dan persatuan serta keguyuban di desa. 

Kepala Desa Tulungrejo, Suliono mengatakan ada ratusan warga dari 18 RW yang berasal dari 5 dusun mengikuti Njenang Bareng dengan cara mengaduk secara bergantian. Mereka mengaduknya di atas wajan berukuran 1,35 meter yang ditaruh di atas pawonan, sebuah kompor yang terbuat dari tanah berbahan bakar kayu.

Temuan Jasad di Kebun Tebu Gegerkan Warga Jombang, Diduga Lansia Setempat yang Hilang

"Setiap wajan membuat 200 kilogram jenang, setiap warga dengan kompak bergantian mengaduk adonan hingga jadi jenang berbahan tepung beras, tepung ketan, gula jawa, kelapa serta jahe," katanya.

Ngudek jenang dalam bahasa Indonesia berarti mengaduk jenang merupakan tradisi masyarakat Desa Tulungrejo dahulu kala. Tradisi ini selalu dilakukan saat ada hajatan pernikahan atau saat merayakan hari raya.

Melihat Gelaran Car Meet Up 2024 Pertama Kali di Pasuruan

"Ada filosofi dari ngudek jenang ini yakni seberat-berat mengaduk jenang akan menjadi ringan kalau dilakukan secara bersama dan bergantian. Dari situlah terciptanya guyub," tuturnya.

Jenang yang sudah masak ini akan dibungkus dengan daun pisang, kemudian dibagikan kepada semua warga untuk disantap bersama.

Halaman Selanjutnya
img_title