Wali Kota Sutiaji Luncurkan Logo HUT ke-109 Tahun Kota Malang, Ini Maknanya

Peluncuran logo HUT ke 109 tahun Kota Malang
Sumber :
  • Humas Pemkot Malang

Malang – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang resmi meluncurkan logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-109 Kota Malang. Peluncuran ini dilakukan langsung oleh Wali Kota Malang, Sutiaji dalam momen Launching dan Awarding Logo HUT ke-109 Kota Malang di Malang Creative Center (MCC), Kamis, 2 Maret 2023 kemarin.

DPP PPP dan PKB Beri Sinyal Koalisi pada Pilkada, di Jombang Belum Ada Gambaran

Logo HUT ke-109 Kota Malang dirancang desainer asal Kota Malang yaitu Fauzan Zahran sekaligus pemenangnya. Penghargaan gelar pemenang diberikan langsung oleh Sutiaji. Dia menilai dalam desainnya logo terpilih telah memiliki makna mandiri, tangguh. Hal itu diperkuat dengan kahadiran maskot Kota Malang yaitu Osi dan Ji, sehingga dianggap linear dengan jiwa dan semangat. 

"Dari kaca mata pemerintahan, Kota Malang berusia 109 tahun. Logo (HUT) perlu kita sayembarakan. Ini adalah jerih payah 109 desainer Kota Malang. Bagaimana mandiri, tangguh, berkelanjutan dipotret menjadi sebuah simbol," kata Sutiaji. 

Keren! 2 Pelajar MAN 1 Jombang Sabet Juara Pertama Lomba Robotik Tingkat Jawa Timur

Sutiaji menuturkan, ada tiga komitmen yang terus diperkuat agar menjadi energi yang positif. Tiga komitmen ini dikukuhkan sebagai tagline. Yakni, Mandiri, Tangguh dan Berkelanjutan. 

“Ada kemandirian, kita berusaha mudah-mudahan Kota Malang ini menjadi kota yang mandiri. Tangguh, bukan tangguh ekonomi saja tapi kita punya perilaku dan karakter yang kuat, kita tidak mandiri sesaat namun terus," ujar Sutiaji. 

Belasan Peserta Upacara Hardiknas di Jombang Jatuh Pingsan

"Dan yang ketiga kita membangun mindset masyarakat kita semua bahwa yang baik itu harus diteruskan, siapapun pemimpinnya. Yang mempunyai nilai baik ayo diteruskan, artinya sesuatu yang baik harus dilanjutkan sehingga berkelanjutan, karena kita hidup itu kan dinamis tidak statis. Alhamdulillah logo tadi mewakili itu semua,” kata Sutiaji. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dikominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto, mengatakan bahwa logo HUT ke-109 Kota Malang yang diluncurkan sebelumnya telah melalui proses penilaian. 

Dalam penjurian melibatkan sejumlah komunitas, insan kreatif desain dan akademisi. Katanya, kolaborasi tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap komitmen pengembangan ekonomi kreatif sebagaimana visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang.

Pria yang akrab disapa Wiwid ini menuturkan, tahapan lomba dimulai dari proses pengumuman, dilanjutkan seleksi administratif dan portofolio. Berlanjut ke technical meeting, perancangan oleh 109 desainer terpilih, hingga penjurian karya, presentasi oleh top lima nominator, dan puncaknya pada acara Launching dan Awarding Logo HUT ke-109 Kota Malang. 

“Pelaksanaan lomba desain logo telah dimulai sejak bulan Januari 2023 melalui serangkaian tahapan yang sesuai kaidah, dapat dipertanggungjawabkan serta melibatkan dewan juri yang sangat kompeten di bidangnya,” tutur Wiwid.

Sementara itu Koordinator Tim Juri, Victor Abednego, mengungkapkan bahwa antusias warga dan mahasiswa di Kota Malang sangat luar biasa. Buktinya, banyak portofolio yang masuk hingga tersaring 109 desainer. 

"Kemarin ada 109 desainer yang secara portofolio sangat luar biasa. Pertama yang dicari adalah bagaimana logo ini dapat merepresentasikan tema HUT ke-109 Kota Malang tahun ini. Kedua kami mencari ide-ide yang di luar umumnya ada untuk maskot dan logo tahun ini, ketiga kami mencari orisinalitas bagaimana desainer di Kota Malang ini bisa berkarya untuk kotanya," kata Victor.