Ajang Batik Sukun 2022, Warga Kenalkan Sejarah

Ajang Batik Sukun 2022
Sumber :
  • Istimewa

Malang –  Ajang Batik Sukun 2022 digelar dengan nilai unik. Torehan sejarah cerita Presiden RI Pertama Ir Soekarno dituangkan dalam Motif Batik Sukun

Tahun 2024 Nilai Investasi di Kota Malang Ditargetkan Capai Rp1,4 Triliun

Diketahui Pada Jumat malam, Soekarno kerap merenung berjam-jam di bawah Pohon Sukun menghadap langsung ke Pantai Ende Nusa Tenggara Timur untuk mencetuskan nilai luhur Pancasila. 

Pohon sukun inilah yang kemudian menginspirasi pegiatan batik Sukun untuk mengukuhkan bahwa pohon sukun sebagai cirikhas dan penanda motif batik yang berada di Kelurahan Sukun Kecamatan Sukun mulai dari akar batang daun dan buah. 

Hujan Disertai Angin Terjang Jombang Bikin Rumah Warga Rusak

Tahun lalu setelah berhasil meluncurkan motif batik Sukun pada Malang, Minggu 23 Oktober 2022, Komunitas Batik Sukun berhasil hadir kembali mengelar Ajang Batik Sukun 2022 yang digelar di Taman Jl Walet Utara.

Kegiatan menarik mulai dari pameran, bazzar makanan serta praktek membatik puluhan anak anak Sukun digelar. Juga ada Fashion Show on the Street kelompok anak anak, ibu ibu PKK, bapak-bapak perangkat kelurahan ikut memeriahkan. 

Dukung Persiapan Arus Mudik Lebaran, Polisi dan TNI di Jombang Sidak SPBU

Nur Zanah Penggagas Ajang Batik Sukun 2022 menjelaskan bahwa ajang ini di gelar untuk merespon masyarakat Sukun bahwa pertumbuham pembatik Sukun makin banyak, dan kreatif.

“Perlu didukung dan diberi ruang terus seperti ini. Agar kreativitas tidak berhenti. Warga juga antusias sekali dengan budayanya sendiri ini bagus sekali,” jelas Nur Zanah.

Halaman Selanjutnya
img_title