BI Malang Siapkan Rp4,69 Triliun Uang Baru Untuk Idul Fitri 2024

Kepala BI Malang, Febrina
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, menyiapkan Rp4,69 triliun uang kertas baru untuk menyambut kebutuhan Idul Fitri 2024. Jumlah ini naik sebanyak 1,75 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp4,61 triliun. 

Kalahkan Korea Selatan U23, Erick Thohir Bangga Indonesia U23 Lolos Semifinal Piala Asia U23 2024

Kepala BI Malang, Febrina mengatakan, meningkatnya perekonomian di wilayah kerja BI Malang menjadi salah satu dasar menaikan jumlah peredaran uang kertas baru. Wilayah BI Malang sendiri meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota dan Kabupaten Probolinggo serta Kota dan Kabupaten Pasuruan.

"Kebutuhan uang baru total keseluruhan itu kita siapkan Rp4,69 triliun. Kenaikan 1,75 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu Rp4,61 triliun," kata Febrina, Selasa, 19 Maret 2024. 

Segini Gaji Petugas PPK pada Pilkada 2024 Jombang

Febrina menuturkan, pada 2023 kemarin, pertumbuhan ekonomi di Malang Raya, Pasuruan dan Probolinggo, meningkat sekitar 5,37 persen. Angka ini tergolong sangat baik, meskipun sedikit melambat dibandingkan tahun 2022, yang mencapai 5,47 persen. 

Menurutnya kenaikan 5,37 persen itu, sudah lebih tinggi dibandingkan kenaikan perekonomian di Jawa Timur. Bahkan lebih baik secara nasional, yang diangka 5,05 persen. 

Terkait Pembangunan Sirkuit BMX, DPRD Bakal Panggil Dindik Kota Batu

Sementara alasan lain menggelontorkan Rp4,69 triliun uang kertas baru agar setelah lebaran 2024 uang yang sudah lusuh kembali ke perbankan. Sedangkan uang baru akan beredar di masyarakat. 

"Relatif sama karena mempertimbangkan uang yang kembali. Karena biasanya itu setelah lebaran uang akan kembali ke perbankan nah yang kembali itu kita harapkan uang yang jelek-jelek digantikan uang baru jadi nanti yang beredar di masyarakat uang baru," ujar Febrina.