Beras SPHP 5 Kilogram di Kota Malang Langka

Pedagang di Pasar Blimbing menimbang beras bulog kemasan 50 kilogram.
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVABeras Bulog stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) kemasan 5 kilogram di Kota Malang langka. Seperti terpantau di Pasar Blimbing, Kota Malang para pedagang sudah tidak lagi menjual beras SPHP kemasan 5 kilogram sejak 2 bulan terakhir. 

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

Pemilik toko Purwati di Pasar Blimbing yakni Jiono mengaku sudah 2 bulan terakhir mereka tidak mendapat pasokan beras SPHP kemasan 5 kilogram. Sebagai gantinya mereka mendapat pasokan beras kemasan satu karung seberat 50 kilogram. 

Namun, penjualan beras bulog kemasan 50 kilogram tidak seramai dibandingkan kemasan 5 kilogram. Sebab, masyarakat lebih minat membeli beras SPHP kemasan 5 kilogram. Karena jika kemasan 50 kilogram, pedagang harus menimbang manual dan dikemasi sendiri dengan kantong plastik. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

"Pengaruh lebih cepat penjualan kemasan 5 kilogram lakunya. Karena kalau diecer dikemasi sendiri kan kelihatannya polos nggak ada gambarnya gak ada labelnya. Yang beli tanya kok gak ada label akhirnya gak jadi beli," kata Jiono, Selasa, 27 Februari 2024. 

Jiono menuturkan, dua bulan yang lalu saat dia mendapat pasokan beras SPHP kemasan 5 kilogram. Dia mampu menjual 5 karung hingga belasan karung beras kemasan 5 kilogram. Namun, setelah pasokan digantik kemasan 50 kilogram penjualan menurun drastis. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

"Yang kemasan 5 kilogram itu nggak tentu tapi biasanya laku 5 karung kalau lagi rame sampai belasan karung sehari waktu ada kemasan yang 5 kilogram. Kalau yang kemasan 50 kilogram kemarin datang ini masih sisa 2 atau 100 kilogram. Kirimnya 2 hari sekali biasanya sudah datang tapi uangnya yang nggak ada karena nggak ada yang beli," ujar Jiono. 

Hal serupa juga diungkapkan oleh pemilik toko Si Kembar di Pasar Blimbing, Kota Malang yakni Deki Masinambau. Dia juga mengaku sudah 2 bulan ini tidak mendapat pasokan beras SPHP kemasan 5 kilogram. 

Halaman Selanjutnya
img_title