Pasar Induk Among Tani Simbol Kemajuan dan Kesejahteraan Ekonomi Kota Batu

Megahnya Pasar Induk Among Tani di Kota Batu.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Pasar tradisional telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat di Indonesia. Di tengah pesatnya perkembangan pasar modern, pasar tradisional tetap mempertahankan daya tariknya dengan keberagaman produk lokal dan nuansa budaya yang khas. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Dulu, pasar tradisional seringkali dikaitkan dengan citra sederhana, kumuh, dan kurang nyaman. Namun, dengan semakin berkembangnya pasar global dan meningkatnya persaingan, banyak pasar tradisional yang mulai berbenah diri untuk menyesuaikan dengan tuntutan zaman. 

Tempat tersebut merupakan Pasar Induk Among Tani, pasar tradisional terbesar di Indonesia sesuai ungkapan Presiden RI, Joko Widodo saat meresmikannya pada 14 Desember 2023 silam. Pembangunan pasar dilakukan dalam kurun waktu tahun 2021 hingga 2023 melalui Kementerian PUPR dengan anggaran Rp166 miliar bersumber dari APBN. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Sekarang pasar dengan luas 34.060 meter tersebut mampu menampung 2.630 unit terdiri dari 1.716 kios dan 914 los. Bagian bangunan menjadi tiga, yaitu lantai satu sebagai zona basah, lantai dua sebagai zona kering, dan lantai tiga sebagai zona makanan atau kuliner

Dibangun dengan konsep Green Building, Pasar Induk Among Tani kini telah menjalani transformasi luar biasa menjadi pusat perbelanjaan megah yang menakjubkan.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Dengan berbagai fasilitas modern dan desain arsitektur menawan, pasar ini telah menjadi tujuan utama bagi masyarakat yang mencari pengalaman belanja berkualitas.

Bangunan baru megah dan luas telah menggantikan bangunan lama pasar tradisional, memberikan ruang lebih lapang dan teratur bagi pedagang dan pengunjung. Interior pasar didesain dengan estetika modern serta pencahayaan bagus. Sehingga mampu menciptakan atmosfer menyenangkan.

Halaman Selanjutnya
img_title