Turun Temurun hingga ke Generasi Kedua, Begini Proses Produksi Rengginang Khas Jombang

Mashuri saat menjemur rengginang di halaman rumah
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Siapa yang tidak kenal dengan makanan ringan atau camilan berbahan ketan. Ya, namanya adalah Rengginang. Terbuat dari beras ketan yang kemudian digoreng dan disajikan hampir seperti kerupuk.

Gowes Bareng MainSepeda Jadi Cara Pj Wali Kota Malang Gerakan Sport Tourism

Di Desa Plosokerep, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa Timur terdapat usaha pembuatan rengginang. Usaha ini dilakukan secara turun temurun. Hingga kini sudah masuk pada tangan generasi kedua.

Generasi kedua perajin rengginang ini adalah pasangan suami istri (pasutri), Mashuri (60 tahun) dan Hanifah (58 tahun). Dan di halaman rumahnya terlihat rak-rak bambu dipenuhi rengginang yang sedang dijemur.

Mantan Wabup Pasuruan Diantar Para Ulama Daftar Cabup ke Kantor DPC PKB

"Ini usaha pembuatan rengginang, turun temurun sudah lama. Di keluarga saya meneruskan bapak saya," kata Hanifah, saat ditemui di rumahnya, Sabtu, 17 Februari 2024.

Pembuatan rengginang ini termasuk, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dan pada momen sebelum ramadhan pesanan rengginang tidak pernah sepi peminat. Sehingga permintaan rengginang mengalami peningkatan drastis. 

Aksi Buruh Di Kota Malang Juga Suarakan Tragedi Kanjuruhan

"Iya lumayan ada peningkatan. Saat ini saja saya sedang menyiapkan pesanan untuk bulan ramadhan, dan hari raya Idul Fitri," ujarnya.

Hanifah mengaku rengginang bermerek "Khas Jombang" yang dia diproduksi itu, mempelopori rengginang dengan bentuk kemasan lebih kecil dan setelah itu pesanan semakin meningkat. Kemudian, produksi rengginang aneka rasa seperti manis, rengginang rasa udang, sudah dimulai sejak diproduksinya. 

Halaman Selanjutnya
img_title