Pemkot Malang Gencarkan Budidaya Ikan di Kolam Terpal Untuk Cegah Inflasi Hingga Stunting

Penjabat Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat berikan bantuan budidaya ikan
Sumber :
  • Prokompim Setda Kota Malang

Malang, VIVA – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Malang membuat pelatihan budidaya ikan air tawar di kolam terpal untuk 99 pembudidaya ikan setempat. Pemberian bantuan berupa paket budidaya ikan air tawar seperti kolam terpal, paket aerasi, bibit ikan, pakan, hingga berbagai peralatan budidaya ikan dilakukan agar pembudidaya mandiri dan semakin berkembang. 

Semakin Jauh Dari Zona Degradasi, Arema FC Tetap Gaspol

Penjabat Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat mengatakan, mereka terus mendorong upaya budidaya ikan air tawar di kolam terpal. Karena dianggap sebagai solusi efektif untuk wilayah urban seperti Kota Malang. 

Budidaya ikan air tawar dianggap bisa ikut andil dalam pengendalian inflasi, ketahanan pangan, penurunan angka stunting, pemberdayaan masyarakat hingga pengentasan angka kemiskinan di Kota Malang.

Kalahkan Korea Selatan U23, Erick Thohir Bangga Indonesia U23 Lolos Semifinal Piala Asia U23 2024

"Budidaya ikan tawar di kolam terpal itu baik karena kan kita ada keterbatasan lahan, jadi kita gunakan kolam terpal ini untuk bisa meningkatkan produksi ikan yang ada di Kota Malang. Ini bagian dari mengendalikan inflasi, juga yang sangat penting terkait stunting," kata Wahyu Senin, 5 Februari 2024. 

Wahyu menyebut lewat budidaya ikan di kolam terpal pembudidaya bisa sejahtera dan lebih mandiri. Pelatihan pun diberikan sebagai bekal 99 orang pembudidaya ikan yang ada di Kota Malang. 

Segini Gaji Petugas PPK pada Pilkada 2024 Jombang

"Ini harapannya nanti bisa juga menekan kemiskinan. Karena mereka ada satu bantuan, yang sebelumnya mereka tidak punya suatu mata pencaharian. Dengan adanya keterampilan ini, kita kasih sarana dan prasarananya, kita berikan keterampilannya. Akhirnya mereka dapat bekerja, itu juga akan menekan jumlah kemiskinan," ujar Wahyu. 

Wahyu mengatakan dampak positif dari budidaya ikan tidak hanya menciptakan peluang ekonomi baru, tetapi juga berefek pada ketahanan pangan dan pengendalian inflasi. Apalagi, ikan air tawar menjadi alternatif apabila harga daging mengalami kenaikan. 

Halaman Selanjutnya
img_title