Ada 10 Ribu Paket Sembako Dijual Murah di Pasar Murah Kota Malang

Pasar Murah Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Pemerintah Kota Malang membuat pasar murah di Kantor Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang pada Senin, 20 November 2023. Ada 10 ribu paket sembako yang dijual murah ke masyarakat dari harga Rp125 ribu cukup ditebus dengan harga Rp50 ribu. 

KONI, Dindik, dan DPRD Gelar Hearing Persiapan Porprov 2025, Ini Pembahasannya

"Jumlahnya 10.375 di 5 kecamatan. 1 kecamatan ada jatah 2.075 paket. Per paket harga Rp50 ribu. Isinya beras, minyak dan gula seharga Rp125 ribu. Jadi sudah kita ploting setiap kecamatan 2 ribuan sesuai anggaran," kata Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, Eko Sri Yuliadi

Eko menuturkan, bahwa pasar murah ini menjadi bagian dari antisipasi kenaikan harga jelang libur natal dan tahun baru. Pasar murah akan digelar secara marathon di 5 kecamatan yang ada di Kota Malang, dimulai dari Kedungkandang, Klojen, Blimbing, Sukun, dan Lowokwaru. 

Abah Anton Mengaku Tak Kapok Maju Pilwali Meski Pernah Tersandung KPK

"Ini hari pertama nanti akan berakhir 5 hari lagi Jumat selesai. Kita lakukan secara marathon. Dengan sasaran warga berpenghasilan rendah dan warga miskin," ujar Eko. 

Sementara itu, Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menuturkan, bahwa Pasar Murah menjadi strategi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang untuk menahan laju inflasi. Bahan pokok yang menjadi perhatian TPID Kota Malang adalah harga gula yang melambung tinggi mencapai sekira Rp18 ribu. 

Ingin Bawa Indonesia U23 ke Olimpiade Paris 2024, Shin Tae-yong Target Menang Lawan Uzbekistan U23

"Karena kemarin kami tinjau pasar dengan TPID ada beberapa harga bahan pokok yang tak terkendali. Salah satunya gula. Makanya tadi ini, kita sedang mencari untuk bisa intervensi terkait dengan harga gula. Lainnya relatif stabil. Bulog juga sudah gelontor beras SPHP nya untuk menekan. Lainnya tak terlalu signifikan terkait fluktuatifnya harga," tutur Wahyu.

Wahyu mengatakan, Pemerintah Kota Malang telah berkomunikasi dengan pabrik gula Kebonagung agar mendapat stok lebih. Untuk itu dalam pasar murah ini, paket sembako selain beras dan minyak juga terdapat gula. 

Halaman Selanjutnya
img_title