Hindari Sengketa, Ini Pentingnya Cek Merek Sebelum Daftar

Konsultasi Merek Mebiso
Sumber :
  • istimewa

Malang – Belum lama ini, viral di media sosial mengenai merek ayam goreng milik artis terkenal. Diketahui, merek tersebut mengalami sengketa.

Viral Dugaan Pemerasan di Lawang, Polres Malang Lakukan Penyelidikan

Berdasarkan hasil riset, Pengadilan Niaga sudah mengeluarkan amar putusan mengenai hasil sengketa ini. Namun, pihak artis seolah tak terima jika mereknya sudah didaftarkan terlebih dahulu oleh orang lain.

Kemudian, muncul gugatan yang pada akhirnya ditolak. Sebab, pendaftaran merek menggunakan  prinsip siapa cepat dia yang berhak (first-to-file).

Wanita Muda Asal Jakarta Ditemukan Tewas di Bawah Jembatan Tunggulmas Kota Malang

Belajar dari kasus tersebut, pelaku bisnis maupun usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus memiliki kesadaran untuk melakukan pendaftaran merek. Sebelum itu, mereka harus melakukan pengecekan merek terlebih dahulu.

Menjawab keresahan tersebut, Mebiso hadir untuk memudahkan pelaku usaha dalam melakukan pengecekan mereknya. Sebagai langkah awal sebelum mendaftarkan merek, pelaku usaha dapat melakukan pengecekan merek secara gratis melalui Fitur Check Similarities

Aksi Pencuri 'Obok-Obok' Sekolah SMA di Jombang Terekam CCTV

Tidak sampai disitu, Mebiso merancang Trademark Analyzer dengan mengadopsi artificial intelligence (AI) yang memudahkan pelaku usaha untuk mengetahui dan lebih meyakinkan seberapa besar prosentase keberhasilan merek yang akan didaftarkan.

“Kami berharap dengan fitur yang kami ciptakan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya para pelaku usaha mendaftarkan dan melindungi merek dagangnya. Fitur pendaftaran ini yang akan mengakomodir kebutuhan tersebut,” kata CEO Mebiso, Hesti Rosa.

Halaman Selanjutnya
img_title