Berkah Idul Adha, Perajin Tusuk Sate di Jombang Kebanjiran Cuan Puluhan Juta

Pembuatan tusuk sate di Jombang
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Hari raya Idul Adha tahun ini yang jatuh pada 29 Juni 2023, tinggal menunggu hitungan hari. Momen Idul adha atau lebaran kurban itu, membawa berkah bagi sebagian masyarakat.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Seperti yang dialami Heru Subandi (53 tahun) perajin tusuk sate asal Dusun Sedamar, Desa Talunkidul, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Pada momen lebaran kurban tahun ini, ia kebanjiran pesanan. Bahkan pesanan khusus edisi kurban, naik hingga 3 kali lipat.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Ditemui di rumahnya, Heru mengaku menekuni usaha pembuatan tusuk sate dan tusuk cilok ini, sejak 15 tahun yang silam. Dan pada momen Idul Adha biasanya memang ramai pesanan.

"Saya ini produksi tusuk sate dan tusuk cilok. Biasanya menjelang hari raya kurban banyak yang butuh. Pesanan naik 2 sampai 3 kali lipat dibandingkan hari biasa," kata Heru, pada Jumat, 23 Juni 2023.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Dengan memanfaatkan area belakang rumah, Heru mampu menyerap belasan pekerja. Rata-rata pekerjanya merupakan warga setempat. Dan memiliki beberapa peran dalam usaha pembuatan tusuk sate tersebut.

"Ada belasan karyawan, berbagi peran. Ada yang memotong bambu, membelah bambu jadi kecil-kecil, menjemur, membakar dan mengemas," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title