Jaringan Broadband 4G/LTE Telkomsel Jangkau 96 Persen Wilayah Indonesia

Telkomsel tingkatkan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE.
Sumber :
  • Telkomsel

Malang, VIVA Telkomsel memperluas jaringan broadband melalui proses peningkatan atau pengalihan seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota atau kabupaten di Indonesia. Proses upgrade dimulai pada Maret 2022 lalu, secara bertahap telah dirampungkan pada Juni 2023 dengan mengalihkan teknologi jaringan 3G pada lebih dari 49 ribu BTS ke 4G/LTE. 

Pemkot Batu Sediakan 900 Porsi Makanan Gratis saat Nobar Timnas U-23

Telkomsel mengklaim lebih dari 96 persen wilayah populasi di Indonesia sudah terlayani jaringan 4G/LTE. Telkomsel ingin mempertegas perannya sebagai leading digital telco company yang senantiasa menghadirkan konektivitas digital terdepan melalui layanan dan solusi digital inovatif kelas dunia. Sekaligus mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo RI, Wayan Toni Supriyanto mengatakan, Presiden RI Joko Widodo telah menetapkan percepatan transformasi digital sebagai salah satu program prioritas. Salah satu kunci percepatan transformasi digital di Indonesia adalah perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dalam bentuk pemerataan jaringan telekomunikasi. 

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

"Diperlukan upaya kolaboratif antar sektor, termasuk sektor telekomunikasi. Ditjen PPI selaku regulator mengapresiasi keberhasilan Telkomsel menuntaskan peningkatan seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE. Komitmen Telkomsel sejalan dengan program pemerintah untuk percepatan transformasi digital diharapkan dapat memberikan pengalaman internet yang lebih cepat, stabil, dan andal bagi seluruh masyarakat, sekaligus mendukung pertumbuhan inklusi ekonomi digital Indonesia," kata Wayan, Kamis, 22 Juni 2023. 

Usai melakukan peningkatan di seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE. Telkomsel mencatatkan peningkatan jumlah pelanggan yang menggunakan uSIM 4G sebesar 84 persen (YoY), yang diikuti dengan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 14 persen (YoY). Selain itu, dengan semakin meratanya jaringan broadband 4G/LTE di seluruh wilayah Indonesia, Telkomsel juga mencatatkan adanya persentase peningkatan jumlah device yang bermigrasi ke device 4G, yakni sebanyak 51 persen (YoY). 

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, sejak tahap awal peningkatan jaringan 3G ke 4G/LTE hingga telah tuntas. Telkomsel memprioritaskan kenyamanan pengalaman aktivitas digital seluruh pelanggan selama rangkaian proses berlangsung. 

"Kami menyampaikan rasa syukur serta apresiasi yang luar biasa atas kepercayaan para pelanggan, serta dukungan yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, sehingga seluruh proses peningkatan/pengalihan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten berjalan dengan lancar, tanpa kendala yang berarti," ujar Nugroho. 

Halaman Selanjutnya
img_title