Omzet Penjual Kurma Di Malang Meningkat Drastis, Jenis Ruthob Paling Dicari

Penjual kurma di kawasan Embong Arab, Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang

MalangKurma adalah buah yang identik dengan bulan Ramadhan. Bagi umat Muslim buah asal Timur Tengah ini kerap dikonsumsi sebagai makanan pembuka untuk membatalkan puasa sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW.

Pemdes Tulungrejo Janji Bantu Urusi Legalitas Hibah Warga Gerdu, Ini Syaratnya

Seorang pedagang kurma di Toko Raja Kurma kawasan Embong Arab Kota Malang yakni, Zakaria Salim mengatakan trend saat ini Kurma Ruthob menjadi jenis kurma yang paling diburu. Khusus Ramadhan dia menyiapkan 10 ton Kurma Ruthob di gudang. Padahal di momen biasa stok biasanya hanya 1 ton saja. 

"Trendnya ini, Kurma Ruthob. Sekarang bisa sampai 7 hingga 10 ton. Itu kami siapkan untuk Ramadhan. Kalau kurma yang lain bisa sampai 50 ton," kata Salim, Kamis, 30 Maret 2023.

Cuaca Ekstrem, Harga Tomat dan Bawang di Pasar Jombang Meroket

Kurma Ruthob ini didatangkan dari Libya dan Arab Saudi. Kurma Ruthob adalah kurma muda teksturnya sedikit lebih padat dibanding dengan kurma lainnya. Kurma Ruthob juga diyakini berkhasiat untuk kesuburan. Banyak konsumen yang sedang menjalankan program hamil membeli kurma jenis ini. 

"Kalau kurma itu tiga. Pertama Kurma Sukari, nutrisinya lebih banyak dari kurma lain. Kalau Ruthob, biasanya untuk program hamil. Makan Ruthob untuk kesuburan. Kurma Ajwa ini kurma Nabi yang ada haditsnya. Makan tujuh butir setiap hari, terhindar dari sihir dan racun," ujar Salim.

Banyak Peminat Dalam Sehari 75 Persen Kuota Mudik Gratis Pemkot Malang Habis

Salim mengungkapkan, selain Kurma Ruthob adapula Kurma Golden Orient produk dari Mesir yang juga banyak dicari konsumen. Harga Kurma Golden Orient pun mengalami kenaikan dari Rp220 ribu sebelum Ramadhan kini menjadi Rp250 ribu. 

"Ya kalau Ramadhan harga kurma pasti labil. Kalau Sukari antara Rp100 ribu sampai Rp180 ribu. Ruthob itu di Rp110 ribu dalam kemasan timbang 850 gram," tutur Salim.