Gubernur Khofifah Sebut Peran Eko-Tren OPOP Bikin Santri Berdikari di Bidang Ekonomi

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama pengurus Ponpes
Sumber :
  • Humas Pemprov Jatim

MalangGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Eko-Tren One Pesantren One Product berkontribusi dalam perekonomian di wilayahnya. Para santri yang kesehariannya fokus mempelajari ilmu agama, kini memiliki kesempatan mempelajari bidang ekonomi dan berlatih kewirausahaan secara praktis. 

Dua Pemain Arema FC Women Ikut TC Timnas Indonesia Wanita U17 di Bali

"Dasar ilmu di pondok pesantren adalah pembelajaran dan pemahaman ilmu agama. Jadi, adanya Eko-tren OPOP ini telah memberi penguatan baru bagi pembelajaran dan perluasan jejaring ekonomi pesantren," kata Khofifah di Malang, Jumat, 17 Desember 2023.

Khofifah menuturkan, OPOP adalah program peningkatan kesejahteraan masyarakat berbasis pondok pesantren melalui pemberdayaan santri, pesantren, dan alumni pondok pesantren. Tujuannya agar, para santri dan pesantren memberikan suntikan sektor perekonomian dengan wirausaha

Wujudkan Emansipasi Wanita, Ada Penampakan Baru pada Pelayanan SIM Satlantas Polres Jombang

"Saya yakin kalau kita kelola dengan profesional sesuai kompetensi, dan kita sungguh-sungguh fokus pada usaha mengembangkannya, pondok pesantren akan menjadi fundamen ekonomi bukan hanya di pondok itu sendiri, tapi juga di lingkungan alumninya khususnya yang berada di Jawa Timur," ujar Khofifah. 

Khofifah mengatakan, perlu ada sinergi dan kolaborasi antara pesantren dan alumni serta pakar ekonomi dari perguruan tinggi dan pelaku dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja. Selain itu, Eko - Tren OPOP juga harus melakukan percepatan kolaborasi dan sinergi dengan Hexa Helix mulai dari pemerintah, swasta, perguruan tinggi, permodalan atau lembaga keuangan, media serta masyarakat. 

Polres Malang Bongkar Praktik Industri Rumahan Sabu di Jatim

Khofifah mencontohkan, di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang, ada sinergi dengan alumni Universitas Brawijaya Malang yang memberikan pengayaan ekonomi dan wirausaha. 

"Di Ponpes Bahrul Maghfiroh Malang, bersama Kiai Bisri ini ada sinergi dengan alumni dan pakar dari Universitas Brawijaya Malang. Para santri dipandu terus ilmunya, dalam satu bulan para santri sudah mendapat ilmu entrepreneur dan pengolahan produk," tutur Khofifah. 

Halaman Selanjutnya
img_title