Wisata dan Pendidikan Picu Inflasi Kota Malang

Wisata dan Pendidikan Picu Inflasi Kota Malang
Sumber :
  • google/detik.com

Malang – Sepanjang bulan Juli 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang mencatat angka inflasi sebesar 0,76 persen. Angka tersebut lebih tinggi dari angka inflasi Jawa Timur yang berada di angka 0,61 persen dan nasional sebesar 0,64 persen. 

Tak Hanya Bantu Daftar Merek, Mebiso Juga Bantu Pemasaran Online Secara Gratis

"Pada Juli 2022 lalu banyak kenaikkan. Pemerintah menaikkan tarif listrik, BBM non subsidi. Anak-anak mulai masuk sekolah. Karena itu penyumbang inflasi pada SD dan SMA pada komoditas pendidikan mencapai 2,09 persen," jelas Erny Fatma, Kepala BPS Kota Malang.

Sementara, kata dia, untuk jenjang SMP, tidak ada kenaikan biaya pendidikan. Sedangkan, untuk jenjang SMA, mengalami kenaikan. 

Modal PDIP Jombang saat Cari Calon Bupati dan Wakil Bupati Untuk Pilkada 2024

Erny menyatakan, kenaikan inflasi Kota Malang juga dipicu oleh kenaikan tarif pada destinasi wisata. Selain itu, transportasi udara juga naik 1,14 persen.

"Serta adanya kenaikkan minyak dunia, maka harga avtur juga naik. "Penumpang dari bandara di Malang cukup tinggi," ungkap dia.

Mebiso Bantu Pendaftaran Merek Gratis untuk Produk Penyintas ODGJ di Malang

Selain itu, beberapa komoditas memberi sumbangan inflasi. Seperti bawang merah dan bawang putih yang harganya melangit pada Juli 2022 lalu. Hal ini karena anomali cuaca dan  berdampak pada hasil panen. Bawang merah sempat naik 34 persen.

Cabai merah juga naik 27,45 persen. Rokok filter naik 1,71 persen karena ada kenaikkan cukai.

Halaman Selanjutnya
img_title